Kok Bisa! Kabut Asap di Kayuagung Kian Pekat, Kualitas Udara Kategori Sedang

Kok Bisa! Kabut Asap di Kayuagung Kian Pekat, Kualitas Udara Kategori Sedang

Kondisi Jalan Muchtar Saleh Kelurahan Cinta Raja Kayuagug masih diselimuti kabut asap, Kamis 19 Oktober 2023.--

BACA JUGA:Lagi Kasus Karhutla di Wilayah Sumsel Bertambah 2 SPDP Perorangan, Kemana Korporasi?

"Alat ini mendeteksi kualitas udara radius 5 KM saja, jadi terdeteksi kualitas udara untuk Kayuagung saja," katanya. 

Masih dikatakan Amsah, parameter kualitas udara ini bermacam-macam yaitu kualitas baik, sedang, tidak sehat, sangat tidak sehat dan berbahaya. 

Dari semua status kualitas udara itu, untuk Kayuagung yakni dengan kualitas sedang. Status kwalitas udara sesuai dengan nilai parameter nya. 

Disampaikan Amsah, untuk nilai 0-50 disebut status baik, 51-100 disebut nilai sedang, lalu dengan nilai parameter 1001-200 disebut status tidak sehat.

BACA JUGA:2 Penumpang Getek yang Hilang di Muara Baru Banyuasin Usai Ditabrak Tug Boat Ditemukan Tak Bernyawa

Kemudian, untuk nilai 201- 300 disebut dengan status sangat tidak sehat dan terakhir dengan nilai 300-500 barulah disebut berbahaya. 

Dikatakannya, bagi masyarakat Kayuagung sebaiknya menggunakan masker bila keluar rumah. Ini berguna untuk kesehatan meskipun kualitas udara di Kayuagung sedang. 

Sementara itu salah satu warga Kelurahan Sukadana Kayuagung, Irfan mengatakan, untuk hari ini asap sangat parah, dari pagi hingga mendekati siang asap tetap masih tebal. 

"Asap hari ini sangat tebal, buat mata jadi perih, dan tenggorokan sakit. Jadi harus pakai masker. Sudah sesak oleh asap ini," ucapnya. 

Irfan berharap, karhutla di Kabupaten OKI segera padam dan hujan segera turun sehingga asap tebal dan pekat tidak menggangu kesehatan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: