MANTAP! Luncurkan Inovasi Tas Lapangan Kesehatan Jiwa Pertama di Indonesia

MANTAP! Luncurkan Inovasi Tas Lapangan Kesehatan Jiwa Pertama di Indonesia

LAUNCHING : Kadinkes Muara Enim dr Eni Zatila MKM secara simbolis meluncurkan inovasi berupa Tas Lapangan Kesehatan Jiwa yang pertama di Indonesia.--

BACA JUGA:Pewarna Karmin Masih Kontroversi, Berikut 7 Pewarna Alami yang Dinyatakan Aman Untuk Dikonsumsi

Selain upaya penjaringan ODGJ, jelas Eni, Dinkes Muara Enim bekerja sama dengan instansi terkait juga melakukan upaya-upaya untuk pencegahan dan deteksi orang-orang yang mempunyai kecenderungan terjadinya gangguan jiwa.

Misalnya ada anak yang menjadi korban bullying dan ibu-ibu yang mengalami KDRT, itu juga harus diintervensi karena ada kecenderungan untuk mengalami hal-hal yang membuat kondisi mental mereka berubah, termasuk anak-anak yang mengalami kekerasan juga harus kita lakukan pendampingan.

"Dinkes Muara Enim secara program juga menyediakan obat-obat untuk gangguan jiwa, bekerja sama dengan dokter spesialis jiwa dr. Ervana Ikha Yusnita, Sp.KJ. dari RSUD Rabain Muara Enim, turun bersama dengan dokter Puskesmas, dan Tim Penggerak PKK. Kami juga mengajak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan penjaringan ODMK dan ODGJ seperti ini," pungkasnya.

Kemudian, Eni juga mengatakan bahwa masalah penanganan kesehatan seperti ODMK dan ODGJ bukan cuma tugasnya Dinas Kesehatan, namun tugas kita semua dan harus terlibat dalam memecahkan semua permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Muara Enim, bukan hanya masalah kesehatan fisik saja, tapi masalah kesehatan jiwa ini harus menjadi perhatian, karena ini salah satu Standar Pelayanan Minimal yang ada di Dinas Kesehatan yang menjadi urusan wajib.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: