Kaya Akan Nutrisi Penting, Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Kaya Akan Nutrisi Penting, Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Biji ketumbar mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Biji ketumbar termasuk salah satu bagian bumbu dapur yang seringkali digunakan untuk beraneka masakan Indonesia.

Tapi tahukah bahwa mengkonsumsi biji ketumbar ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh selain memiliki aroma yang harum dan menyengat, biji ketumbar sering disebut mirip dengan merica meskipun memang dari segi ukuran dan rasanya saja sudah jelas berbeda.

Memiliki nama latin coriandrum sativum, biji ketumbar bisa meningkatkan cita rasa dan aroma pada masakan yang juga dianggap sebagai salah satu racikan makanan sehat

Biji ketumbar termasuk salah satu rempah yang memiliki ukuran kecil dan dikeringkan, biji ketumbar memiliki dua versi diperjualbelikan yakni dengan cara dihaluskan atau tidak.

BACA JUGA:Kolaborasi Apik BPJS Kesehatan, Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN

Dibalik ukurannya yang kecil tersebut, ketumbar memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh mulai dari mengobati flu, batuk hingga berbagai resiko penyakit kronis seperti jantung dan kolesterol.

Selain itu ketumbar juga memiliki berbagai kandungan nutrisi didalamnya seperti antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, kemudian berbagai nutrisi lain juga ada seperti vitamin C, vitamin K, protein, kalsium, tiamin, potassium dan fosfor.

Nah dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada di biji ketumbar ini, berikut manfaat dari biji ketumbar.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Tersembunyi di Balik Taoge, 11 Manfaat yang Harus Anda Ketahui

Biji ketumbar bisa diekstrak menjadi minyak dimana hal ini nantinya dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Hal ini terbukti dalam beberapa studi dan penelitian yang dilakukan selama 8 minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus (IBS) yang akhirnya menemukan hasil terbaik.

Setidaknya dengan 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar dengan takaran tiga kali sehari secara signifikan bisa mengurangi berbagai gangguan dan permasalahan pencernaan.

Beberapa gangguan tersebut seperi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan pada lambung dan usus sehingga efeknya pun dianggap lebih signifikan dibandingkan obat-obatan plasebo.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa dari Sayur Brokoli, Kenali Kekayaan Nutrisi dan Dampak Positifnya pada Kesehatan

Selain itu juga biji ketumbar bisa digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Biji ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang nantinya dapat mencegah berbagai kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Nah adanya antioksidan ini juga dapat melawan peradangan dalam tubuh bag=hkan berbagai senyama yang terkandung didalamnya seperti terpinene, quercetin, dan tokoferolbermanfaat sebagai zat antikanker, penambah kekebalan, dan pelindung saraf, menurut penelitian tabung reaksi dan hewan.

BACA JUGA:Cegah Berbagai Penyakit, Ini 5 Khasiat Tak Terduga dari Buah Langsat

Salah satu penelitian tabung reaksi menemukan dengan adanya antioksidan dalam biji ketumbar bisa menurunkan berbagai peradangan serta memperlambat pertumbuhan berbagai sel bebahaya seperti sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

3. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi pada manusia bisa menjadi salah satu faktor diabetes tipe 2 nah masih dengan minyak ekstrak ketumbar yang bisa membantu menurunkan gula darah.

Hal ini tentunya bisa membuat biji ketumbar dapat meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Mengkonsumsi Buah Sukun, Nomor 1 Bisa Turunkan Gula Darah

Diketahui pada studi yang dilakukan pada hewan menemukan dosis tunggal pada 20 miligram perkilogram ekstrak biji ketumbar menemukan gula darah sebesar 4 minimol perliter yang mana serupa dengan efek dari obat gula darah glibenclamide.

4. Baik untuk jantung dan kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi ketumbar bisa menurunkan berbagai faktor dan resiko pada penyakit jantung seperti kolesterol dan juga hipertensi.

Selain itu ekstrak ketumbar juga bisa dimanfaatkan sebagai diuretik yang nantinya akan mampu membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air serta juga bisa mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

BACA JUGA:11 Panduan Praktis dan Sederhana Mengelola Kolesterol untuk Hidup yang Lebih Sehat

5. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Biji ketumbar kaya akan vitamin K, C, B bersama dengan antioksidan dan mineral lainnya yang ternyata dapat melindungi kulit dan bermanfaat untuk rambut.

Selain itu antioksidan dalam ekstrak ketumbar bisa  mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit, serta membantu kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B.

Minuman ekstraksi ketumbar bisa sangat baik untuk memperbaiki kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat manis mulut, atau kekeringan.
Kemudian pada rambut, biji ketumbar diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan kembali rambut dan menunda rambut beruban prematur.

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Ancaman Polusi Udara agar Tubuh Tetap Fit

Nah itu dia 5 manfaat dari mengkonsumsi ketumbar namun meskipun memang memiliki manfaat besar untuk kesehatan namun dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam batas wajar saja supaya manfaat yang didapatkan akan lebih optimal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: