5 Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Ancaman Polusi Udara agar Tubuh Tetap Fit

5 Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Ancaman Polusi Udara agar Tubuh Tetap Fit

Ilustrasi untuk info tentang tips menjaga kesehatan tubuh saat terjadi polusi udara.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO – Belakangan ini polusi udara disejumlah kota kian memburuk akibat musim kemarau yang ekstrim. Kondisi ini bisa menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh.

Palembang menjadi salah satu kota yang masuk dalam kategori tidak sehat atau peringatan berwarna merah.

Untuk itu diperlukan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang bahkan akan menimbulkan berbagai penyakit serius.

Polusi udara adalah keadaan dimana udara tercemar zat-zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan manusia. 

BACA JUGA: Polusi Udara di Palembang Semakin Buruk, Siswa Diliburkan? Pj Wako akan Kaji Lebih Lanjut dengan Semua Pihak

Nah masalah polusi udara ini akan semakin menjadi perhatian global karena dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia dan ekosistem.

Berbagai permasalahan kesehatan bisa mempengaruhi kualitas hidup serta produktivitas seseorang seperti pernafasan, jantung dan juga kanker jadi memang sangat penting menjaga tubuh agar tetap fit di masa-masa seperti sekarang ini.

Dikutip dari berbagai sumber sejumlah penelitian menyebutkan selama bertahun-tahun peningkatan partikel halus dari polusi udara ini akan sangat mempengaruhi peningkatan rawat inap.

Seperti untuk penyakit jantung, stroke, diabetes, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik, dan masalah kesehatan serius lainnya baik akibat paparan jangka panjang maupun paparan jangka pendek.

BACA JUGA:Astagfirullah, Kualitas Udara Kota Palembang Mencapai Level Bahaya, Begini Penampakanya Pagi Ini

Partikel-partikel pencemar seperti partikel halus (PM 2,5), nitrogen dioksida (NO2), ozon (O3), debu, asap, dan polutan lainnya dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan gangguan pernapasan yang serius.

Polusi udara juga dapat memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada dan juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan.

Nah, untuk itu ini tips menjaga agar tubuh tetap fit dalam menjalani aktivitas ditengah-tengah ancaman polusi yang semakin buruk.

1. Pakai masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: