PELINDO Peduli Kain Khas Palembang Songket, Kucurkan Bantuan Puluhan Juta ke UMKM

PELINDO Peduli Kain Khas Palembang Songket, Kucurkan Bantuan Puluhan Juta ke UMKM

Pelindo Regional memberikan bantuan TJSL untuk mengembangkan kain khas Palembang, Songket.-foto sumeks.co-

SUMEKS.CO -  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang (Pelindo Regional 2 Palembang) terus peduli terhadap nilai luhur dan budaya khas Palembang

Wujudnya, Pelindo mengucurkan bantuan kepada UMKM Perajin Songket di Kota Palembang tahun 2023 melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kepada Perajin Songket Dua Saudara dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi kepada 12 orang warga di sekitar IKM Tenun Songket Dua Saudara serta Bantuan 3 (tiga) unit alat cungkit dan tenun senilai Rp. 74.758.500.


Manajemen Pelindo Regional Palembang berikan bantuan senilai puluhan juta ke UMKM Kain khas Palembang, Songket.-foto sumeks.co-

BACA JUGA:Rayakan 2 Tahun Merger, Pelindo Adakan Donor Darah Secara Seri Di 35 Pelabuhan Seluruh Indonesia

''Bantuan ini bagian dari upaya melakukan regenerasi keterampilan. Maka kami sangat konsern dan peduli,'' kata General Manager Pelindo Regional 2 Palembang, Nunu Husnul Khitam melalui Manager Keuangan & SDM, Imron Syamsi usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Jumat 29 September 2023.

Imron Syamsi mengataka proses pencukitan adalah bagian dan proses penenunan songket dan tantangan kedepan akan semakin sulit.

Dia memadang keahlian pencukilan ini rasanya semakin lama semakin berkurang kemudian jika tidak ada yang meregenerasi keterampilan seperti ini maka akan menghilang.

Imron mengatakan bahwa budaya kebanggaan Sumatera Selatan khususnya Palembang harus tetap dipertahankan seiring berkembangnya kemajuan teknologi.

BACA JUGA:Disini Tempat Beli Songket Cinderamata Khas Palembang

“Proses pencukitan adalah bagian dan proses penenunan songket dan tantangan kedepan akan semakin sulit dan berat dan juga keahlian ini semakin lama semakin berkurang kemudian jika tidak ada yang meregenerasi keterampilan seperti ini maka akan menghilang terlebih lagi nanti kecerdasan buatan atau bisa disebut AI sudah bisa menggantikan manusia,” ujar Imron. 

Pelatihan pencukitan tenun songket ini berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 25-29 September 2023 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelindo dalam memperingati Perayaan 2 Tahun Merger Pelindo.

BACA JUGA:Iriana Jokowi Tiba di Griya Agung Palembang, Saksikan Proses Pembuatan Tenun Songket dan Tanam Pohon Manggis

"Harapan saya dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan terstandarisasi sehingga songket yang dihasilkan dapat masuk ke pasar Internasional kita harus semangat dalam mempertahankan budaya ini mungkin nanti bisa muncul motif motif baru dengan berkreasi yang bisa dipatenkan jangan sampai motif motif kita diakui oleh daerah lain ataupun negara lain,” tambah Imron. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: