Tingkatkan Akuntabilitas, Kemenkumham Babel Gelar Pendampingan Penyusunan LKjIP dan Penilaian Mandiri SAKIP

Tingkatkan Akuntabilitas, Kemenkumham Babel Gelar Pendampingan Penyusunan LKjIP dan Penilaian Mandiri SAKIP

Kemenkumham Babel Gelar Pendampingan Pe.nyusunan LKjIP dan Penilaian Mandiri SAKIP--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO - Berkomitmen tingkatkan akuntabilitas, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung gelar Pendampingan Penyusunan LKjIP (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah) dan Penilaian Mandiri SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Senin 25 September 2023.

Membuka kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto menyampaikan, SAKIP merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk mengefektifkan kinerja, yang terdiri dari rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas dan prosedur.

"SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja. Serta sarana pembinaan interaktif pelaksanaan akuntabilitas kerja instansi pemerintah," kata Harun.

Dijelaskan Harun, Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis wajib melakukan penilaian mandiri SAKIP pada tiap tahunnya, untuk mengetahui sejauh mana implementasi SAKIP dilaksanakan, serta mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

BACA JUGA: Ikut Terseret Kasus Pasar Cinde, Mantan Wali Kota Palembang Harnojoyo Diperiksa Jaksa Kejati Sumsel

"Dan juga mendorong satker untuk berkomitmen dan secara konsisten meningkatkan implementasi SAKIP dalam mewujudkan capaian kinerja yang telah direncanakan," jelas Harun.

Kakanwil Harun menuturkan, LKjIP (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah), merupakan produk akhir SAKIP dalam bentuk akuntabilitas pelaksanaan tusi dan penggunaan anggaran dalam mencapai sasaran strategis.

"Penyusunan LKjIP merupakan kewajiban instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi yang telah ditetapkan melalui SAKIP," ucap Harun.

Hasil utama dalam pelaporan kinerja, yaitu pengukuran kinerja, evaluasi, dan pengungkapan (disclosure).

BACA JUGA:Awas Jangan Sampai Menunggak, Ini Risiko Jika Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Sehingga dapat memberikan informasi kinerja yang terukur dan sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah dalam hal peningkatan kinerja.

Kakanwil Harun berharap, kegiatan ini dapat menjadi langkah untuk mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran, dan mewujudkan capaian kinerja yang telah direncanakan sebelumnya.

"Serta menghasilkan laporan kinerja yang akuntabel sesuai dengan pedoman," ujar Harun.

Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari para Kepala Divisi, Pejabat Administrator, Operator LKjIP dan Penilaian Mandiri SAKIP di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel dan Unit Pelaksana Teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: