Baznas Palembang Evaluasi GSS, Dananya Lebih Diutamakan untuk Kebutuhan Masyarakat

Baznas Palembang Evaluasi GSS, Dananya Lebih Diutamakan untuk Kebutuhan Masyarakat

M Ridwan Nawawi -Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Baznas Kota Palembang mengevaluasi program Gerakan Sedekah Subuh (GSS) OPD Pemkot Palembang.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Palembang Kgs M Ridwan Nawawi, usai peresmian rumah warga atas nama Sopiah di Jl LetJen Simanjuntak Lorong Masjid No. 1272 B, RT 019, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Minggu 24 September 2023.

Menurut M Ridwan, dana sedekah dari GSS OPD Palembang yang biasanya digunakan untuk bedah atau rehab rumah, akan dialihkan.

"Jadi khusus yang GSS tiap OPD ini saya evaluasi dan rasa dananya dipergunakan untuk hal bermanfaat yang lain," katanya.

BACA JUGA:Pj Wako Palembang Resmikan Bedah Rumah Warga, Kali Ini Gunakan Anggaran Sedekah Subuh dari Dishub

Ridwan menjelaskan, pihaknya bukan tidak setuju dengan program bedah dan rehab rumah. Alokasi untuk itu sudah banyak dilakukan.

"Sekarang saatnya dananya lebih baik dan bermanfaat untuk membantu kebutuhan masyarakat banyak," ungkapnya.

Ridwan menjelaskan, bedah dan rehan rumah manfaatnya hanya untuk satu orang. Sedangkan jika dialokasikan dana tersebut untuk membantu warga, tentu manfaatnya untuk orang banyak.

"Terlebih disaat beras naik, kita bisa gunakan uangnya untuk beli beras bantu warga miskin. Misal ada warga sakit bisa kita belikan obat, kursi roda, atau bahkan tabung oksigen saat adanya kabut asap ini," jelasnya.

BACA JUGA:Herman Deru Buka Kompetisi Olahraga Basket dan Mini Soccer Pelajar PALTV

Lanjut M Ridwan menuturkan, selain itu mengingat anggran yang terkumpul dari sedekah subuh OPD Pemkot Palembang tentuny berbeda.

"Setiap OPD dinas ini beda-beda terkumpulnya. Kalau untuk bedah rumah Rp 65.000.000 ada yang belum mencapai bajet tersebut. Kalau 65 juta terkumpul, atau angka 20 juta saja sudah bisa banyak bantu warga lainnya, jadi kebagi rata semua tidak hanya satu individu saja," tuturnya.

Kendati demikian, M Ridwan menyebutkan usulannya tersebut sudah disampaikan kepada Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa, dan menerima baik.

BACA JUGA:Lanjutkan Kegiatan Prioritas Pemkot Palembang, Ratu Dewa Hadiri Gotong Royong

"Pak Pj Wali sudah terima baik yang saya sampaikan dan setuju karena dinilai lebih bermanfaat uangnya untuk kebutuhan banyak warga. Pak Dewa percaya sepenuhnya dengan kami Baznas Palembang karena yang dilapangan melihat situasinya turun langsung," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: