Susun RPJDP 2025-2045, Bappeda Litbang Palembang Gelar FGD Sebagai Langkah Awal

Susun RPJDP 2025-2045, Bappeda Litbang Palembang Gelar FGD Sebagai Langkah Awal

Bappeda Litbang Kota Palembang menggelar FGD sebagai langkah awal dalam penyusunan RPJPD 2025-2045. Foto: Naba/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Bappeda Litbang Kota Palembang menggelar Forum Group Discussion (FGD) sebagai langkah awal dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) 2025-2045. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Litbang Kota Palembang, Arif Akhadi kepada awak media di Kantor Bappeda Litbang Palembang, Selasa 5 September 2023.

"Tujuannya adalah untuk menggandeng semua unsur Pentahelix agar memberikan masukan yang berkelanjutan untuk jangka panjang 20 tahun," ungkapnya. 

Arif menjelaskan bahwa badan perencanaan tersebut telah melakukan evaluasi terhadap RPJPD 2005-2025 bersama Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA:UPDATE! Bappeda : Pembangunan Kota Palembang Masuk Level Hijau dan On The Track

"Hasil evaluasi tersebut menunjukkan adanya kekurangan, tetapi juga banyak pencapaian tinggi dengan tingkat pencapaian mencapai 91 persen," jelasnya. 

Lanjut Arif menuturkan, saat ini sedang dalam proses penyusunan rancangan awal RPJPD 2025-2045, dan FGD merupakan bagian dari persiapan awal. 

"FGD melibatkan berbagai unsur Pentahelix, termasuk media massa, LSM, forum masyarakat, ekonomi kreatif, perusahaan-perusahaan yang berkontribusi dalam CSR, akademisi dan legislator," tuturnya. 

Kendati demikian, Arif Akhadi menyebutkan tujuannya adalah untuk membahas dan mengkaji masukan dari FGD ini guna digunakan dalam penyusunan RPJPD jangka panjang selama 20 tahun ke depan.

BACA JUGA:Bappeda Galakkan Menanam Cabai di Kantor

"Harapan kita bersama, tentu setelah dari FGD ini akan dibahas atau dikaji untuk bahan dalam penyusunan RPJPD 20 tahunan," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: