Pertamina Edukasi Kelompok Masyarakat Terkait Energi Penggerak Lingkungan di Desa Pulau Semambu Ogan Ilir

Pertamina Edukasi Kelompok Masyarakat Terkait Energi Penggerak Lingkungan di Desa Pulau Semambu Ogan Ilir

Kades Pulau Semambu Ogan Ilir, Eka Rahmawati, bersama pihak PT Pertamina meninjau panel surya yang dibangun untuk masyarakat Desa Pulau Semambu. Foto: Hetty/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, memilih Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OGAN ILIR, sebagai desa binaan program desa energi berdikari.

Area Manager Comm Rel dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengungkapkan, untuk mendukung program desa energi berdikari, Pertamina berikan edukasi kepada kelompok masyarakat di Desa Pulau Semambu.

"Ini adalah sebuah program untuk mengedukasi kelompok masyarakat, dalam memanfaatkan energi terbarukan dari Pertamina," ungkapnya kepada wartawan saat dijumpai di Desa Pulau Semambu, Selasa, 22 Agustus 2023.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), khususnya bagi pertanian di Desa Pulau Semambu.

BACA JUGA:Logistik Polres Ogan Ilir Distribusikan Bansos ke Warga Desa Pulau Semambu

"Desa Pulau Semambu ini adalah wilayah operasional instalasi integrasi terminal  Depo Palembang," terangnya. 

Sejak dipilihnya Desa Pulau Semambu sebagai desa binaan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memberikan bantuan berupa instalasi panel surya dengan kapasitas 6,54 KWP. 

"Ini pemanfaatannya untuk sumur bor dalam rangka pengairan ke sawah-sawah pertanian masyarakat sekitar," jelasnya.

Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan berupa alat-alat pertanian serta alat pengolahan pupuk kompos. Melalui program desa energi berdikari ini, pihaknya berharap, dapat membantu masyarakat. 

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi ke-16, Pemerintah Desa Pulau Semambu Ogan Ilir Gelar Syukuran

"Terlebih manfaat ekonomi untuk pemberdayaan kelompok masyarakat itu sendiri. Kita memang sudah ciptakan kelompok masyarakat sendiri untuk kita bina dan kita berdayakan," paparnya. 

Pertamina juga menginginkan, untuk mendukung energi bersih yang mendukung mitigasi perubahan iklim. Sebagaimana diketahui, saat ini iklim di Indonesia sedang tidak bersahabat. 

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Semambu, Eka Rahmawati mengungkapkan, dengan bantuan yang diberikan Pertamina ini hendaknya bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Pulau Semambu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: