3 Peninggalan Bersejarah Kesultanan Palembang Darussalam yang Mengagumkan

3 Peninggalan Bersejarah Kesultanan Palembang Darussalam yang Mengagumkan

Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang, salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kesultanan Palembang Darussalam, adalah salah satu kerajaan Islam yang pernah berjaya di nusantara pada masa lampau. 

Berlokasi di wilayah Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, kesultanan ini memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dan wilayah sekitarnya. 

Jejak sejarah Kesultanan Palembang Darussalam masih dapat dijumpai dalam bentuk peninggalan bersejarah yang mengagumkan. 

Ada beberapa bangunan yang dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam yang hingga kini berdiri kokoh.

BACA JUGA:Sejarah Kesultanan Palembang Darussalam, Menyimpan Beragam Peristiwa dan Tradisi


Masjid Agung Palembang yang sudah ada sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam.--dok : sumeks.co

Apa saja bangunan maupun tempat yang termasuk peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam itu? Berikut hasil rangkuman SUMEKS.CO dari berbagai sumber :

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah salah satu masjid tertua di Indonesia, didirikan pada abad ke-16 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo. 

BACA JUGA:Masjid Agung Palembang, Dibangun Pada Abad ke-18 Warisan Kesultanan Palembang Darussalam

Masjid yang megah ini mencerminkan warisan Islam dan keagungan kesultanan pada masa lalu.

Dengan kubah besar, menara yang menjulang, dan hiasan-hiasan seni yang indah, Masjid Agung Palembang adalah tempat yang memukau dan penuh dengan nilai sejarah. 

Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan Islam dan aktivitas keagamaan di masa lalu.

Masjid ini dirancang dengan gaya arsitektur Melayu yang klasik dan didominasi oleh kayu. Struktur utamanya terbuat dari kayu Meranti yang dikenal akan kekokohannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: