Gegara Listrik PLN Sering Mati, PDAM Tirta Prabujaya Terancam Merugi Miliaran Rupiah

Gegara Listrik PLN Sering Mati, PDAM Tirta Prabujaya Terancam Merugi Miliaran Rupiah

Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Prabujaya, Fajar Chriswarry Ardhana ST, MSi. Foto: Dian/sumeks.co--

Gegara Listrik PLN Sering Mati, PDAM Tirta Prabujaya Terancam Merugi Miliaran Rupiah

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya terancam merugi hingga miliaran rupiah

Betapa tidak, diduga karena seringnya terjadi pemadaman listrik, membuat panel dan pompa perusahaan plat merah itu rusak. 

"Untuk panel seharga Rp400 juta dan pompa di kisaran Rp800 juta. Kedua barang ini sudah kita kirim ke luar untuk dianalisa kerusakan karena apa," ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Prabujaya, Fajar Chriswarry Ardhana ST, MSi dibincangi belum lama ini.

Dijelaskan Fajar, karena dalam operasional sangat membutuhkan tenaga listrik, maka PDAM sangat tergantung dengan PLN. 

BACA JUGA:Dalam Sehari, 7 Meteran Air Pelanggan di Prabumulih Hilang, PDAM Tirta Prabujaya Bakal Lapor Polisi

"Kita ini sangat berharap kepada PLN agar menjaga kelangsungan tetap dan posisi dalam waktu kita pelaksanaan operasional tetap hidup," harapnya.

Betapa tidak, pria pecinta bonsai itu menjelaskan, PDAM ada tiga instalasi yang harus dijaga. Masing-masing intake, IPA (Instalansi Pengolahan Air Minum) dan Reservoar. 

Dimana jika salah-satu dari tiga instalasi mati, maka tidak dapat berfungsi PDAM dan makanya ketiga-tiga nya ini harus pararel.

"Jadi kami sangat menyayangkan, kemarin kita dapat informasi dari tanggal 1 Juli sampai tanggal 10 Juli hampir setiap hari PLN mati," sesalnya mengaku dampaknya PDAM terhenti untuk operasional dan akan mengganggu masalah distribusi air ke pelanggan. 

BACA JUGA:PDAM Tirta Prabujaya Segera Lelang Aset Tak Terpakai

"Itu yang kita sayangkan," gerutunya lagi.

Terkait masalah panel dan pompa rusak, JFajar menegaskan. Kalau pihak PLN ada informasi pemadaman, maka pihaknya dalam hal ini PDAM akan mematikan panel dan pompa sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) jadi tidak serta-merta panel atau pompa itu harus dimatikan mendadak," tegasnya.

Disinggung apakah PLN tidak pernah memberitahukan jika akan terjadi pemadaman? Pria hitam manis itu menyebutkan, pengumuman itu memang pernah ada tapi kebanyakan tidak ada informasi dari mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: