PLN Cepat Tanggap Atasi Gangguan Kelistrikan di Kersik Tuo, 15 Ribu Pelanggan Kembali Nikmati Listrik

Petugas PLN tengah melakukan perbaikan tiang SUTT 150 kV yang roboh akibat cuaca ekstrem di wilayah Sungai Penuh.--
SUMEKS.CO - PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) bergerak cepat menanggulangi gangguan kelistrikan yang terjadi di wilayah Sungai Penuh, Kersik Tuo, dan sekitarnya akibat cuaca ekstrem yang terjadi pada Sabtu 17 Mei 2025 dini hari.
Gangguan ini disebabkan oleh robohnya salah satu tiang Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang terhubung dengan Gardu Induk (GI) Sungai Penuh, yang mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik di beberapa wilayah.
Akibat gangguan ini, lebih dari 15 ribu pelanggan terpengaruh atau sekitar 40% dari total pelanggan yang sempat mengalami pemadaman listrik.
Meskipun demikian, berkat kesigapan petugas PLN di lapangan, hingga pukul 09.00 WIB, lebih dari 6 ribu pelanggan di wilayah terdampak telah kembali menikmati pasokan listrik secara normal.
BACA JUGA:Heboh PLN Token Bisa Pindah Lagi ke Paska Bayar, Netizen Trauma Tagihan Ajaib KWH Meter Bulanan
BACA JUGA:Drama 4 Set, Petrokimia Pupuk Indonesia Juara Tiga Proliga 2025 Usai Tundukkan Electric PLN
Pemulihan yang cepat ini menjadi bukti nyata dari komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem yang tidak terduga.
Sebagai bagian dari upaya pemulihan kelistrikan, PLN UID S2JB melakukan manuver kelistrikan dengan menerapkan mekanisme penyalaan bergantian dalam 12 jam. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir dampak gangguan dan memastikan pasokan listrik tetap tersedia meski dalam kondisi darurat.
Petugas PLN bekerja keras di lapangan demi memulihkan pasokan listrik pasca gangguan akibat cuaca ekstrem di Sumatera Selatan.--
Tidak hanya itu, PLN juga menyediakan generator set (genset) untuk mendukung kelancaran aktivitas di lokasi-lokasi vital seperti pusat pemerintahan, rumah sakit, lapas, dan fasilitas distribusi air.
“Begitu menerima laporan adanya gangguan, tim kami langsung bergerak menuju lokasi dan melakukan penanganan darurat. Kami memprioritaskan percepatan pemulihan sistem kelistrikan demi kenyamanan pelanggan,” ujar Adhi Herlambang, General Manager PLN UID S2JB.
BACA JUGA:Petrokimia Libas Jakarta Electric PLN, Tiket Grand Final Proliga 2025 Masih Tergantung Popsivo
BACA JUGA:Waspada Musim Kemarau! PLN Imbau Hindari Aktivitas Picu Kebakaran Dekat Jaringan Listrik
Tim gabungan yang terdiri dari unit transmisi dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Muara Bungo langsung dikerahkan untuk melakukan pemulihan secara bertahap.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: