Dunia Bakal Menggigil, Indonesia Luncurkan Rudal Canggih, Jangkau Jarak 533 km, Mampu Ledakkan 1 Pulau

Dunia Bakal Menggigil, Indonesia Luncurkan Rudal Canggih, Jangkau Jarak 533 km, Mampu Ledakkan 1 Pulau

Indonesia menjadi negara kedua di Asia dan Afrika setelah peluncuran misil buatan dalam negeri telah sukses yaitu roket Kartika.--

Dunia Bakal Menggigil, Indonesia Luncurkan Rudal Canggih, Jangkau Jarak 533 km, Mampu Ledakkan 1 Pulau

SUMEKS.CO - Indonesia melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), sebenarnya sudah mulai melakukan pengembangan roket nasional sejak tahun 1964.

Bahkan, saat itu Indonesia menjadi negara kedua di Asia dan Afrika setelah peluncuran misil buatan dalam negeri telah sukses yaitu roket Kartika. Meski Indonesia gagal melakukan alih teknologi.

Namun, seolah tak patah arang, Indonesia kini terus mengembangkan roket eksperimental RX-550, sejak tahun 2011.

BACA JUGA:Elang Besi TNI Gegerkan Dunia, Tiga Matra Update Alutsista Canggih

Jika roket RX-550 terbukti sukses melakukan pemutahiran, tentunya Lapan dipastikan mampu membuat rudal balistik berpeluru kendali jarak jauh.

Ini sebagai bagian dari sistem pertahanan nasional Indonesia. Tentu saja bukanlah perkara yang mustahil, sebab sebelum berkonsentrasi pada pengembangan roket arX-510, Lapan telah berhasil melakukan uji terbang roket rx-450 di tahun 2009 lalu. 

Indonesia terus meningkat kemampuan industri pertahanan, khususnya roket yang telah sukses. Indonesia juga telah mulai mencoba mandiri dalam hal pengadaan alat pertahanan strategi, salah satunya sistem pertahanan misil peluru kendali jarak menengah dan jarak jauh.

Rocket RX550 yang dikembangkan oleh industri pertahanan Indonesia, di daulat sebagai roket terbesar yang pernah dikembangkan Lapan.

BACA JUGA:Mantap! TNI AL Siap Perkuat Pertahanan dengan Alutsista Baru Tahun 2023, KASAL Tambah Kapal Selam?

Dengan kaliber 550 mm, yaitu berbahan peluncur hydroksil tool ibutadin. Roket ini memiliki jangkauan hingga 533 km, dan ketinggian terbang mencapai 150 km. 

Selain itu roket RX-550 mampu mengorbit seperti satelit, dengan panjang hingga 10 mater pada komponen tingkat pertama dan kedua.

Untuk kecepatan luncur RX-550, maksimum mencapai 7,67 match dengan bahan roket hingga 300 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: