Ponpes lbadurrohman Muara Enim Lepas 57 Santri Angkatan V

Ponpes lbadurrohman Muara Enim Lepas 57 Santri Angkatan V

PELEPASAN SANTRI : Pondok Pesantren (Ponpes) lbadurrohman Muara Enim angkatan V menggelar Haflatul Wada’ (pelepasan santri) di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Kabupaten Muara Enim.--

Ponpes lbadurrohman Muara Enim Lepas 57 Santri Angkatan V

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pondok Pesantren (Ponpes) lbadurrohman Muara Enim angkatan V menggelar Haflatul Wada’ (pelepasan santri) di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Kabupaten Muara Enim, Selasa 11 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Amrullah Jamaludin SE, Pimpinan Ponpes Ibadurrohman Ustadz Syuryadi Amirudin SE, MSh, Sekwan Lido Septontoni SH MSi, Kasdim 0404/Muara Enim Mayor CHB Jauhari, Perwakilan Polres Muara Enim Iptu M Yarmi, Perwakilan Kemenang, Perwakilan Pengadilan Negeri Muara Enim, para undangan, orang tua santri dan 57 santriwan/santriwati yang dilepas.

Perwakilan Wali Santri Syamsurizal dari Banyuasin, mengatakan bahwa pihaknya sangat terharu dengan upaya yang telah dilakukan Ponpes lbadurrohman dalam mendidik anak-anak kami dengan kesabaran dan keikhlasan selama menempuh pendidikan sebagai hafiz Al-Quran di Ponpes lbadurrohman.

"Inilah bukti pendidikan di Ponpes lbadurrohman bukan kaleng-kaleng dan murahan," ujarnya.

BACA JUGA:3 Desa di Kabupaten Muara Enim Perioritas Penanganan Angka Stunting

Pimpinan Ponpes Ibadurrohman Ustadz Syuryadi Amirudin, mengatakan bahwa Ponpes Ibadurrohman telah melepaskan angkatan kelima sampai tahun 2023, dan selama mondok semuanya gratis tanpa dipungut biaya.

Namun meski gratis, alumni Ponpes Ibadurrohman tidak kaleng-kaleng dan bisa dibuktikan hapalannya secara langsung.

Begitupun santri yang mondok bukan saja dari dalam negeri namun ada juga yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia.

Begitupun alumninya sudah banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri seperti Mesir, Pakistan, Turki, Yaman, Sudan dan sebagainya, sehingga diharapkan 3-4 tahun kedepan, setelah mereka selesai menimba ilmu diluar negeri akan kembali ke Ponpes Ibadurrohman untuk bersama-sama membangunnya ke level internasional.

BACA JUGA:PS Palembang Kembali Juarai Piala Gubernur 2023, Presiden Klub Ratu Dewa Ucapkan Alhamdulillah dari Tanah Suci

"Ibadurrohman punya cita-cita besar akan membangun Ponpes bertaraf internasional. Kita sudah siap lahan di Desa Segayam seluas 6 hektar. Doakan saja cita-cita besar tersebut dijabah dan didukung oleh masyarakat dan pemerintah," harapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim yang diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Amrullah Jamaludin SE, mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim mengapresiasi atas kegiatan yang digelar oleh Pondok Pesantren (Ponpes) lbadurrohman Muara Enim, yang telah mencerdaskan, membina dan menyebarluaskan nilai-nilai agama Islam kepada generasi muda dan tentu berharap bahwa keberadaan anak-anak santri dapat menjadi penyejuk yang memancarkan cahaya Islam bagi Kabupaten Muara ini khususnya dan kabupaten di sekitarnya.

"Kami ucapkan selamat datang kepada wali santri baik yang dari luar Kabupaten Muara Enim maupun yang dalam Kabupaten Muara Enim dan kepada seluruh anak-anakku yang berhasil menyelesaikan pendidikannya agama di pondok pesantren ini dan mudah-mudahan ilmu yang didapat dapat diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: