Simak Tips Berikut Sebelum Membeli Ikan Channa untuk Dipelihara, Agar Tidak Tertipu

Simak Tips Berikut Sebelum Membeli Ikan Channa untuk Dipelihara, Agar Tidak Tertipu

Ikan channa.--dok : sumeks.co

Selanjutnya perhatikan tingkah ikan. Jika channa tampak tidak responsif maka disarankan untuk tidak membelinya.

BACA JUGA:Mau Ikan Channa Jadi Garang dan Lincah? Begini Cara Melatihnya

Sama halnya dengan manusia, ikan yang sering berada disudut dan menyendiri disalah satu sudut kolam atau akuarium cenderung sedang sakit atau stress.

Nah ikan channa merupakan ikan yang terbilang agresif dan juga responsif jika memutuskan untuk membeli ikan predator satu ini tentunya hal ini juga penting untuk diperhatikan.

Ikan channa yang sering dijual oleh oknum nakal dimana hasil penangkapannya didapat dengan cara setrum biasanya terjadi pada channa jenis limbata yang berasal dari sawah.

Jika ditangkap dengan cara seperti ini ikan akan terlihat lemas, diam dan tidak segar. Inilah yang menyebabkan ikan tidak akan bisa bertahan lebih lama atau akan cepat mati.

BACA JUGA:Suka Pelihara Ikan Channa? Ini 6 Tips Merawat Ikan Channa Bagi yang Masih Pemula Banget

3. Sirip ikan menguncup 

Ikan channa yang tidak layak dibawa pulang terlihat dari sirip ikan yang tidak mengembang atau cenderung menguncup atau menempel terlipat pada sisi tubuh ikan.

Ada juga yang terlihat dari sirip ikan yang rapuh diarea kolam atau akuarium yang disebabkan karena lesi atau luka pada sirip ikan yang terjadi karena infeksi atau non infeksi.

Penyebab infeksi karena mikroorganisme seperti pada parasit, jamur, virus dan juga bakteri sedangkan non infeksi biasanya karena faktor non hidup seperti faktor lingkungan, genetic, penanganan dan juga pakan.

BACA JUGA:Bagian yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Perkembangan Anakan Ikan Channa

4. Nafsu makan ikan

Ikan channa cenderung selalu lahap saat diberi makan nah jika pada suatu kondisi ikan channa tiba-tiba tidak memiliki nafsu atau kurang dalam melahap pakan yang diberi, patut dicurigai.

Itu menandakan ikan sedang mengalami penurunan nafsu yang bisa saja mengalami kondisi yang tidak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: