MASYAALLAH! Salah Satu Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW Ada di Barus Utara Tapanuli Tengah, Benarkah?

MASYAALLAH! Salah Satu Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW Ada di Barus Utara Tapanuli Tengah, Benarkah?

--

MASYAALLAH! Salah Satu Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW Ada di Barus Utara Tapanuli Tengah, Benarkah?

SUMEKS.CO - Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, konon kabarnya meninggal dan dimakamkan di Kecamatan Barus Utara Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Kabar mengenai makam sahabat Nabi Muhammad SAW yang berada di Barus Utara, Tapanuli Tengah, Sumut ini, diunggah oleh akun TikTok @bangehope, pada Senin, 12 Juni 2023.

Video berdurasi 1 menit 1 detik ini, membahas tentang kabar yang menyatakan bahwa salah satu makam sahabat Nabi Muhammad SAW berada di Barus Utara, Tapanuli Tengah, Sumut.

BACA JUGA:Kisah Julaibib Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Miskin dan Buruk Rupa, Justru Jadi Rebutan Banyak Bidadari

"Kalian tahu nggak sih kalau di Indonesia itu ada makam sahabat Nabi Muhammad SAW," ungkap narasi di video tersebut.

Berdasarkan tayangan video, sahabat Nabi Muhammad SAW yang dimakamkan di Barus Utara, Tapanuli Tengah, Sumut tersebut, bernama Syekh Mahmud bin Abdurrahman bin Mu'ad bin Jabal.

Menurut narasi video tersebut, bahwa sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut datang ke Indonesia pada masa kekhalifahan sahabat Abu Nakar Ash-Shiddiq.

Abu Bakar Ash-Shiddiq merupakan rombongan pertama yang datang ke Indonesia. Tentunya, dalam rangka menyebarkan agama Islam ke Indonesia, khususnya Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Heboh! Pakar Ekonomi Islam Sebut Belanja Online Sistem COD Hukumnya Haram, UAS: Sah Saja Asal Penuhi 3 Syarat

Makam yang konon kabarnya merupakan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, Syekh Mahmud tersebut, tampak terlihat tidak seperti makam kebanyakan orang Indonesia. 

Pasalnya, panjang makam dari sahabat Nabi Muhammad SAW, Syekh Mahmud ini, memiliki panjang yang tidak biasa yakni sepanjang 8 meter. Kalau makam orang Indonesia biasanya tak mencapai 2 meter.

Pada batu nisan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, Syekh Mahmud, juga terdapat tulisan Arab, kemudian terdapat pula tulisan yang diduga sebuah hadits Rasulullah SAW.

Adapun tulisan yang terdapat di batu nisan makam milik sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut, konon kabarnya bertuliskan bahwa Islam adalah agama silaturahmi dan dakwah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: