Pemkot Prabumulih Gratiskan Kantong Darah, Upaya Pemerintah untuk Memenuhi Darah

Pemkot Prabumulih Gratiskan Kantong Darah, Upaya Pemerintah untuk Memenuhi Darah

Pelantikan pengurus PMR tingkat Mula, Madya, Wira, KSR, dan PMI Kecamatan se-Kota Prabumulih tahun 2023. Foto: Dian/sumeks.co--

Pemkot Prabumulih Gratiskan Kantong Darah, Upaya Pemerintah untuk Memenuhi Darah 

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menggratiskan biaya kantong darah bagi mereka yang hendak donor darah. 

Hal itu diungkapkannya disela-sela acara pelantikan pengurus PMR tingkat Mula, Madya, Wira, KSR, dan PMI Kecamatan se-Kota Prabumulih tahun 2023 di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih.

Dalam kesempatan itu pula, dia menyebutkan tugas Palang Merah Indonesia (PMI) tak hanya donor darah. Namun juga melakukan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. 

"Misalnya dia bidang PMR. Tapi kalau ada banjir tidak bisa berenang," sebutnya mengaku PMR harus mempunyai keahlian dan tugas mereka adalah membantu bukan dibantu.

BACA JUGA: Jaga Ketersedian Darah di PMI, Anggota Polres Empat Lawang Donor Darah

Lebih lanjut, orang nomor satu di kota nanas itu menegaskan, seorang petugas PMI dan PMR pun harus bisa menyelamatkan diri sendiri jika ada musibah. 

"Bagi pendonor darah, juga harus ikhlas dan jangan berfikir untuk memperjual belikan darah. Pemerintah menggratiskan biaya kantong darah bagi setiap pendonor," tegasnya.

Dengan diberikan subsidi kantong darah, pria penghobi olahraga itu bisa ikhlas setiap kali melalukan donor darah. 

Ketua PMI Kota Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho menambahkan, selama ini, PMI mempunyai banyak kegiatan yang tujuannya tak lain adalah kegiatan kemanusiaan. 

BACA JUGA:Samsat Prabumulih Gelar Donor Darah Berhadiah Pemutihan Pajak hingga Voucher Umroh

Khususnya untuk anak anak SD dan SMP, memang belum bisa donor darah namun mereka bisa membantu sesama dan juga mengajari mereka untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat.

Istri Wali Kota Prabumulih itu tak menapik, sampai saat ini stok darah di kota nanas masih kurang. 

Di Prabumulih, idealnya butih 940 kantong darah dan di bulan Mei ini baru terkumpul 583 kantong darah sehingga kalau dikalkumulatifkan masih banyak terdapat kekurangan kantong-kantong darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: