Pemkot Prabumulih Gratiskan Kantong Darah, Upaya Pemerintah untuk Memenuhi Darah

Pemkot Prabumulih Gratiskan Kantong Darah, Upaya Pemerintah untuk Memenuhi Darah

Pelantikan pengurus PMR tingkat Mula, Madya, Wira, KSR, dan PMI Kecamatan se-Kota Prabumulih tahun 2023. Foto: Dian/sumeks.co--

"Kalau kita kumulatifkan kita butuh 4.800 kantong darah dan kita sudah berusaha terus untuk turun ke Kelurahan dan Desa yang ada di kota Prabumulih, perusahaan, BUMN dan OPD," jelasnya.

BACA JUGA:Update Kasus Dugaan Malapraktik di RSUP Moh Hoesin Palembang, Novel Suwa: Pasien Butuh Donor Darah

Dia pun tak menapik, untuk kantong darah memang sudah disuplay dari pemerintah. Hanya saja untuk donor darah tidak bisa langsung ditransfusi melainkan harus melalui beberapa rangkaian. 

"Jadi prosesnya itu yang masih mengeluarkan biaya sampai didapat data bahwa darah itu memang sudah sip untuk ditransfusi ke pasien," bebernya seraya berharap kantong darah termasuk regent nya juga digratiskan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Ngesti pun mengaku saat ini petugas PMI di kota Prabumulih hanya bisa memgumpulkan darah, sementara untuk tindakan dan sayap darah masih dilakukan petugas RSUD Kota Prabumulih. 

"Untuk itu ke depan kita berupaya petugas PMI bisa melakukakan sayap karet sendiri dengan menyiapkan SDM dan pelatihan," tukasnya. (chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: