Wabup Lahat Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Wabup Lahat Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

--

Wabup Lahat Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023

LAHAT, SUMEKSCO - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lahat menggelar apel siaga Sensus Pertanian 2023 yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA.

mengusung tema "Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani" acara ini di Pusatkan di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat, Selasa 30 Mei 2023. 

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA menuturkan, bahwa pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 bertujuan untuk menyediakan data struktur pertanian terutama untuk unit-unit administrasi terkecil.

Selain itu hasil ST2023 juga dapat digunakan sebagai tolak ukur Statistik Pertanian saat ini serta menyediakan kerangka sampel untuk survei Pertanian lanjutan. 

BACA JUGA:Lepaskan Penat, Dinkes Lahat Ajak Outbond Pegawai Puskesmas

"Sehubungan dengan hal tersebut, diintruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk mendukung penuh dan berkolaborasi pada kegiatan Sensus Pertanian 2023 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lahat baik pada pralapangan, pelaksanaan lapangan maupun bisa mencakup seluruh petani dan mendapatkan data sesuai dengan SOP serta konsep definisi yang telah diatur dalam pendataan ST2023," tukas Haryanto.

Dalam laporannya Kepala BPS Kabupaten Lahat Muhammad Dedy SST Msi menyampaikan, Sensus Pertanian 2023 mencakup 7 subsektor yang akan didata yaitu subsektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, dan Jasa Pertanian.

Total petugas Sensus Pertanian 2023 sebanyak 141 petugas dengan rincian 344 petugas pencacah lapangan, 58 petugas pemeriksa lapangan, dan 12 koseka. 

"Hasil dari Sensus Pertanian 2023 ini dapat memberikan gambaran secara komprehensif terkait kondisi pertanian di Indonesia hingga wilayah terkecil. Selain itu dapat digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis," ujarnya. 

BACA JUGA:Saat Wukuf di Arafah, 3000 Jemaah Calon Haji Permaktab Disiapkan 50 Toilet, Mengurangi Antrean?

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lahat dan OPD terkait yang telah mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Turut hadir dalam Apel siaga ini Unsur Forkopimda, kepala Bappeda Lahat, kepala DKP Lahat, Kadis TPHP, Kadis Perkebunan, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Kadis PMD/mewakili, Kadis Kominfo dan Seluruh Camat Se-Kabupaten Lahat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: