Tarif 2 Ruas Jalan Tol di Sumatera Ini Bakal Dinaikkan, Saat ini Sedang Sosialisasi

Tarif 2 Ruas Jalan Tol di Sumatera Ini Bakal Dinaikkan, Saat ini Sedang Sosialisasi

Pintu tol bakauheni Selatan, di ruas tol Bakter ini segera dinaikkan tarif tolnya--

Selain Ruas Tol Mebi, Ruas Jalan Tol Bakter Juga Bakal Dinaikkan Tarifnya Saat ini Sedang Sosialisasi

SUMEKS.CO- Tak hanya Tol Medan-Binjai (Mebi) yang bakal dinaikkan tarif tolnya. PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga akan menaikan tol di ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan bahwa penyesuaian tarif yang dilakukan telah sesuai dengan UU Jalan No. 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pada Pasal 48 ayat 3.

Dijelaskan, penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol. 

Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) sendiri telah dilengkapi dengan 55 gardu yang terdapat di 11 GT yakni GT Bakauheni Selatan, GT Bakauheni Utara, GT Lematang, GT Kalianda, GT Natar, GT Itera Kotabaru, GT Sidomulyo , GT Tegineneng Barat, GT Tegineneng Timur, GT Gunung Sugih & GT Terbanggi Besar.

Do tol ini juga disediakan 44 armada siaga yang terdiri dari ambulans, mobil rescue, mobil derek, layanan jalan tol dan Patroli Jalan Raya (PJR), 289 CCTV dengan dua arah mata kamera yang dimonitoring selama 24 jam di control room, 26 VMS dan 12 Rest Area dengan fasilitas lengkap.

BACA JUGA:Jangan Kaget Tarif Tol Medan-Binjai Segera Dinaikkan, Begini Alasannya Penyesuaian Tarif

Seperti toilet, masjid, SPBU, minimarket serta melakukan pemeliharaan jalan tol dan beautifikasi secara rutin di 2 (dua) ruas tol tersebut seperti pemeliharaan Scraping, Filling, & Overlay (SFO) atau pengelupasan dan pelapisan kembali, serta pemeliharaan yang bersifat long-term sustainability.


Dilarang membuang benda apapun di jalur tol. Foto: sumeks.co--

Seperti rekonstruksi beton rigid yang bersifat permanent di Tol Bakter maupun beautifikasi seperti pengecatan marka, concrete barrier, guardrail dan bagian penyokong jalan tol lainnya agar terus ter-maintain dengan baik.

“Penyesuaian tarif ini juga akan berdampak pada keberlanjutan jalan tol, dengan meningkatkan level of trust investor terhadap jalan tol yang dikelola dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif,” tutup Koentjoro.

Sedangkan tol Medan-Binjai (Mebi) Diketahui sejak dioperasikan pada Oktober tahun 2017, Tol Mebi ini belum pernah dilakukan penyesuaian tarif.

Seharusnya sudah dilakukan pada tahun 2019 dan 2021 yang lalu.

Sementara untuk Tol Bakter sesuai regulasi sudah saatnya dilakukan penyesuaian tarif kembali setelah sebelumnya pernah dilakukan penyesuaian pada Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: