Ternyata Jalan Tol Ada Kepanjangannya Lho, Ini Alasan Mengapa Berbayar

Ternyata Jalan Tol Ada Kepanjangannya Lho, Ini Alasan Mengapa Berbayar

Gerbang tol Indralaya-Foto: Dok. Sumeks.co-

Ternyata Tol Ada Kepanjangannya Lho, Ini Alasan Mengapa Berbayar

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jalan Tol ternyata merupakan sebuah singkatan. Mungkin sebagian besar orang tidak banyak yang mengetahui kepanjangan dibalik kata Tol.

Kata-kata Jalan Tol tentu sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Beberapa kali kita juga sering mengucapkan kata-kata Jalan Tol. Ternyata, dibalik kata Jalan Tol tersimpan makna yang harus kita ketahui.

Tol ternyata singkatan dari Tax On Location atau menarik pajak di lokasi. Inilah yang menjadikan Jalan Tol itu berbayar. Pengguna Jalan Tol dikenakan tarif ketika akan melintas.

BACA JUGA:Masih Bingung Dimana Pintu Masuk Tol Indralaya-Prabumulih? Nih Harus Paham Jalurnya Ya, Jangan Sampai Salah!

Alasan berbayar, karena pengguna Jalan Tol diberikan berbagai kemudahan oleh pengelola Tol. Jalan yang nyaman dan bebas hambatan, sehingga pengguna jalan akan lebih cepat sampai tujuan.

Akan sangat berbeda, ketika kita menggunakan jalan umum biasa yang tanpa tarif. Jalan Tol akan terasa aman dan nyaman ketika kita melintas.

Untuk melintasi Jalan Tol, kita harus benar-benar meningkatkan kehati-hatian ketika memacu kendaraan. Jalan yang bebas hambatan ini, biasanya akan membuat kita terlena.

Dikutip dari situs bpjt.pu.go.id, Jalan Tol memiliki sejumlah tujuan dan manfaat.

BACA JUGA:Jelang Difungsikan Tol Indralaya-Prabumulih, Aktivitas Pekerjaan Proyek Dihentikan Sementara

Tujuan dibangunnya Jalan Tol, yakni, memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi.

Kemudian, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan. Serta, meringankan beban dana Pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan.

Sedangkan pembangunan Jalan Tol memiliki beberapa manfaat, yakni, akan berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi. Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas orang dan barang.

Pengguna Jalan Tol akan mendapatkan keuntungan berupa penghematan Biaya Operasi Kendaraan (BOK) dan waktu dibanding apabila melewati jalan non tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: