Apakah Juga Masuk Tanda Kiamat? Gerhana Bulan Penumbra akan Terjadi Pada 5-6 Mei 2023

  Apakah Juga Masuk Tanda Kiamat? Gerhana Bulan Penumbra akan Terjadi Pada 5-6 Mei 2023

Ilustrasi--net

Apakah Juga Masuk Tanda Kiamat? Gerhana Bulan Penumbra akan Terjadi Pada 5-6 Mei 2023 

SUMEKS.CO – Fenomena alam gerhana akan kembali terjadi. Kali ini Gerhana Bulan Penumbra, yang diperkirakan akan terjadi pada 5-6 Mei 2023. 

Setelah sebelumnya heboh, Gerhana Matarhari Hibrida, peristiwa langkah kembali akan terjadi. Yaitu Gerhana Bulan Penumbra.

Apakah Gerhana Bulan Penumbra yang diperkirakan akan terjadi pada 5-6 Mei 2023, merupakan tanda bahwa kiamat sudah dekat? Wallahu a'lam bish-shawab. Hanya Allah maha tahu yang benar atau yang sebenarnya. 

Kabar mengenai akan terjadinya Gerhana Bulan Penumbra diposting akun instagram @infoastronomy, pada Sabtu, 29 April 2023. 

BACA JUGA:10 Momen Gerhana Matahari Hibrida yang Berhasil Diabadikan Kamera Handphone Warganet, Nomor 8 Bikin Galfok

Dalam postingan yang menampilan slide proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra itu, akun @infoastronomy menulis Gerhana Bulan Penumbra, akan terjadi 7 hari lagi.

Warga Negara Indonesia berkesempatan lagi melihat gerhana. Kali ini, Gerhana Bulan Penumbra, tulis admin sebagai penjelasan dari postingannya.

“Eits, ini bukan tanda bencana kok. Gerhana adalah fenomena yang biasa karena kesejajaran Matahari-Bumi-Bulan yang terjadi sejak Bumi dan Bulan terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu,” jelas admin.

Dijelaskan juga, Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan, dalam orbitnya mengitari Bumi melintasi bayangan penumbra Bumi. 

BACA JUGA:Gerhana Matahari dan Turunnya Salju di Arab Saudi Persis dengan Sabda Rasulullah SAW Tentang Akhir Zaman

Ada dua hal mengapa gerhana sering banget terjadi akhir-akhir ini. Yang pertama karena memang gerhana, baik itu gerhana Matahari maupun Bulan bukan fenomena langka. Setiap tahunnya, bahkan bisa terjadi 4 sampai 7 kali gerhana. 

Kedua, sebelumnya mungkin kurang update info gerhan atau info gerhana jarang diangkat media. Sekarang info apapun mudah didapat, sehingga jadi lebih banyak tahun termasuk informasi tentang gerhana. 

Akibat Gerhana Bulan Penumbra, Bulan akan terlihat gelap. Dimana 2/3 Bulan akan masuk bayangan penumbra. Hal itu akan membuat Bulan tampak sedikit gelap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: