Literasi Digital Mahasiswa Generasi Z: Produktif Menggunakan Media Sosial Secara Etis dan Bermoral

Literasi Digital Mahasiswa Generasi Z: Produktif Menggunakan Media Sosial Secara Etis dan Bermoral

--

Sonny mengungkapkan bahwa 77% penduduk Indonesia sudah terkoneksi ke internet merupakan pasar yang sangat besar di bidang teknologi.

BACA JUGA:Resmi Ditetapkan Tersangka Kasus Penipuan Ratusan Juta, Polda Sumsel Jemput Oknum Komisioner KPU OKI

Sonny menjelaskan adopsi teknologi di Indonesia sangat cepat, namun pemanfaatannya masih belum maksimal. Pemerintah terus berupaya dalam pembangunan infrastruktur seperti pengembangan jaringan fiber optic, pembangunan BTS 4G, dan peluncuran satelit untuk menghubungkan Indonesia dengan dunia yang menjadi hal penting terutama untuk digital economy dan pengembangan talenta digital.

"Perubahan hidup kita itu dimulai sejak kemunculan 4G. Hal itu membuat tumbuhnya demand inovasi teknologi baru dan lahirlah gojek dan sebagainya. Setelah itu terjadilah demand yang tinggi akan talenta digital agar inovasi tersebut bisa berjalan," ujar Sonny.

Sonny juga menyoroti dampak positif pandemi COVID-19 terhadap percepatan pertumbuhan internet di Indonesia yang lebih cepat 6 tahun dari perkiraan.

Oleh karena itu, pemerintah memfokuskan pada pembangunan talenta digital di Indonesia, dalam hal ini Kemenkominfo memiliki program digital di tiga tingkatan, yaitu Basic Level ,Intermediate Level, dan Advanced Level.

BACA JUGA:Arus Mudik Lebaran Terlihat di Bandara SMB II Palembang, Puncaknya 19 April

Terakhir, Sonny berpesan kepada mahasiswa yang hadir bahwa, teknologi digital itu sangat bermanfaat sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

"Internet ini ga hanya menghubungkan antar kota di Indonesia, tetapi juga ke seluruh dunia. Internet membuka banyak kesempatan, kalian mau belajar apa aja tersedia di Internet asalkan mau," tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan literasi digital bagi mahasiswa generasi Z juga diselenggarakan mulai tanggal 10-13 April 2023 secara hybrid dengan total target sebanyak 4000 peserta di Perguruan Tinggi lainnya di wilayah Jawa Timur yaitu POLIJE Kampus 2 Bondowoso, POLIJE Kampus 3 Nganjuk, POLIJE Kampus 4 Sidoarjo, Universitas Jember, Universitas Islam Negeri K.H. Achmad Siddiq Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jember, Universitas Bondowoso, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, dan STKIP PGRI Nganjuk.

Kegiatan Literasi Digital di Lingkungan Perguruan Tinggi Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 merupakan salah satu upaya literasi digital untuk segmen pendidikan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi mengenai teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: