5 Tips Pola Hidup Sehat dan Tidak Lesu Saat Menjalankan Ibadah Puasa

5 Tips Pola Hidup Sehat dan Tidak Lesu Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Ilustrasi.--pintrest

Mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan minyak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari sehingga badan akan mudah lesu dan lemas.

BACA JUGA:Ingat, 3 Minuman ini Jangan Anda Minum saat Perut Kosong

3. Pola Makan Saat Berbuka Puasa

Kita tentunya sudah banyak membaca tentang bahayanya makan berlebihan, bahkan tidak hanya di bulan puasa.

Namun beberapa orang yang berpuasa menantikan buka puasa untuk balas dendam dan menyantap semua makanan dimeja.

Perlu di garis bawahi bahwa makan berlebihan dalam satu waktu itu sangat berbahaya seperti menyebabkan perut menjadi sesak, perut kembung dan lesu.

Tips dalam berbuka puasa untuk mendapat manfaatnya seperti dengan memulai membatalkan puasa dengan air putih dan sedikit makanan yang manis atau buah-buahan yang banyak mengandung kadar air.

BACA JUGA:4 Khasiat Kopi Campur Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

4. Mencukupi Kebutuhan Hidrasi Selama Bulan Puasa

Cairan tubuh selama bulan puasa harus tetap terpenuhi, setiap hari manusia dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air sebanyak 8 gelas.

Lalu bagaimana saat bulan puasa?

Tidak ada perbedaan, bulan puasa tubuh juga harus memenuhi kebutuhan hidrasi caranya dengan menerapkan pola minum 2-4-2 yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas diantara waktu berbuka dan sahur lalu 2 gelas berikutnya saat berbuka puasa.

Perlu diketahui air mineral sangat berperan penting dalam memenuhi hidrasi tubuh dan tips lainnya dengan menghindari minuman seperti kopi, teh dan minuman bersoda selama bula  puasa.

Ini dikarenakan ketiga minuman tersebut mengandung kafein yang justru akan menghilangkan cairan didalam tubuh dan menjadi pemicu pola tidak sehat selama bulan puasa.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, Aplikasi Peduli Lindugi Ganti Nama Jadi Satu Sehat Mobile

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: