Wow Keren, Pemerintah Berikan Subsidi Puluhan Juta untuk Pembelian Mobil Listrik Ioniq 5 dan Air ev

Wow Keren, Pemerintah Berikan Subsidi Puluhan Juta untuk Pembelian Mobil Listrik Ioniq 5 dan Air ev

Pemerintah berikan subsidi untuk pembelian mobil listrik baru.-Foto: Ridho/JPNN.com-

SUMEKS.CO - Angin segar untuk yang ingin memiliki kendaraan listrik, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian mobil listrik baru pada dua mobil listrik yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev.

Hal ini diungkapan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Ia mengunkapkan besaran subsidi diperkirakan mulai Rp25 juta hingga Rp80 untuk juta pembelian mobil listrik baru.

Agus Gumiwang menuturkan, untuk setiap mobil tidak mendapat besaran subsidi yang sama.

Dijelaskannya, Ioniq 5 bakal menerima subsidi berkisar Rp70 juta hingga Rp80 juta. Sedangkan Wuling Air ev akan disubsidi Rp25 juta sampai Rp35 juta untuk setiap pembelian satu unit mobil listrik baru.

BACA JUGA:Mobil Listrik Murah dengan Fitur Mewah, Wuling Air ev Mampu Tempuh Jarak Segini

"Jangan disebut memastikan, tapi sekitar Rp70-80 juta dan Rp25-35 juta, ini masih kita hitung dan kita terapkan segera,” ujar Agus. Dikutip dari CNNIndonesia.

Agus menegaskan, bantuan ini diberikan untuk mobil yang memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen. Mobil-mobil tersebut juga harus diproduksi di Tanah Air

"Karena local content sangat penting bagi pemerintah untuk meluncurkan bantuan. Jadi ini bukan insentif bukan subsidi. Ini bantuan dari pemerintah," jelas Agus.

Alasan TKDN menjadi syarat utama, pemerintah berharap ada penyerapan tenaga kerja dalam negeri.

BACA JUGA:PLN Jamin Mobil Listrik Sekali Charge Palembang-Lampung dan Berikan Banyak Promo di Electric Motor Show 2023

"Kenapa TKDN penting? Karena kita ingin penyerapan tenaga kerja tetap ada di Indonesia. Merek boleh Hyundai, tapi 40 persen local content Indonesia. Sehingga ada penyerapan tenaga kerja di Indonesia," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: