Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Perwakilan Kemenkeu Sumsel Tandatangani Nota Kesepahaman Layanan Keimigrasian

Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Perwakilan Kemenkeu Sumsel Tandatangani Nota Kesepahaman Layanan Keimigrasian

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Guna meningkatkan efektivitas dan mendekatkan pelayanan keimigrasian, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan bersama Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Selatan melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Keimigrasian pada Gedung Keuangan Negara (GKN) dan Monev Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Senin 6 Maret 2023.

Selain untuk koordinasi dan sinergi dalam rangka peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), kerja sama ini juga untuk mendukung peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran seluruh satuan kerja di bawah Kemenkumham Sumsel.

Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan yang digelar di Aula GKN Sumsel tersebut.

"Kanwil Kemenkumham Sumsel berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, tidak berbelit, dan mudah dirasakan oleh masyarakat," ungkap Kakanwil.

BACA JUGA:Dirut BRI: 2023 Jadi Tahun Ekspansi, Masyarakat Jangan Takut Nabung dan Pinjam Kredit di Bank

"Pada kesempatan ini, ruang lingkup Nota Kesepahaman yang akan ditandatangani meliputi layanan keimigrasian, pertukaran data informasi, serta tugas dan tanggung jawab," imbuhnya.

Layanan keimigrasian yang menjadi fokus kerja sama ini merupakan salah satu sumber PNBP yang sangat potensial pada Kemenkumham sehingga dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat lebih meningkatkan penerimaan PNBP. 

"Kami mengharapkan dukungan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel terhadap peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran seluruh satker Kemenkumham Sumsel," tegas Ilham.

"Sejauh ini, kami mengapresiasi dukungan Kanwil DJPb Sumsel sehingga Kanwil Kemenkumham Sumsel berhasil meraih peringkat ketiga IKPA terbaik lingkup Kemenkumham untuk kategori Kanwil dengan Pagu Besar pada tahun 2022. Saya harap kerja sama yang sudah terjalin dapat diperkuat lagi dengan MoU ini," tambahnya.

BACA JUGA:Pelaku Usaha: Di Rumah BUMN, Keunikan Sepatu dan Sandal Rajut dari Tarutung Dibantu Promosikan

Sementara itu, Kakanwil DJPb Sumsel yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kemenkeu Sumsel, Lydia Kurniawati Christyana menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik sehingga diharapkan kedua belah pihak dapat saling memberikan manfaat. 

"Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika kita ingin melangkah cepat maka berjalanlah sendiri, namun jika kita ingin melangkah jauh maka berjalanlah bersama-sama. Pada momen kerja sama ini, mari tingkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi sehingga berdampak bagi kesejahteraan masyarakat demi Sumsel Maju Untuk Semua," tutup Lydia.

Dalam kegiatan ini turut hadir Forum Komunikasi Pengelola Keuangan Negara, Forum Pimpinan Tim Setber Wilayah Prov. Sumsel: Kakanwil DJKN SJB Surya Hadi, Kakanwil DJBC Sumbagtim Sugeng, Kakanwil DJP Sumsel Babel Ramadhaniah, dan Kepala BDK Palembang Denny. Hadir pula Kadiv Keimigrasian Herdaus, Kakanim Palembang Moh. Ridwan, dan Kabag Umum Tri Purnomo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: