Polsek Pampangan Aktifkan Patroli Cek Hotspot Cegah Karhutbunla

Polsek Pampangan Aktifkan Patroli Cek Hotspot Cegah Karhutbunla

Personil Polsek Pampangan dan danramil melakukan patroli dan cek hotspot di wilayah Kecamatan Pampangan, Jumat 10 Februari 2023.-Foto: dokumen/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Personel Polsek Pampangan mulai melakukan patroli dan cek hotspot guna mencegah kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunla). 

Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kapolsek Pampangan, AKP Jonson SH mengatakan, giat patroli dilakukan setiap hari sama seperti halnya hari ini. Termasuk sekaligus melakukan cek hot spot. 

"Hari ini kembali lagi personil kita bersama personil danramil melakukan patroli dan cek hotspot cegah karhutbunla," ungkap Kapolsek, kepada SUMEKS.CO, Jumat 10 Februari 2023.

Dia menjelaskan, patroli dan cek hotspot di wilayah yang rawan karhutbunla di musim kemarau. Sehingga dengan patroli dilakukan pencegahan dan antisipasi. 

BACA JUGA:Lapas Kayuagung Beri Makanan Tambahan dan Layanan Kesehatan Khusus Warga Binaan Lansia

"Tadi patroli di lokasi-lokasi rawan karhutbunla. Yakni di Desa Ulak Depati, Secondong, Jungkal. Termasuk di lokasi yang habis terbakar kemarin," jelas Kapolsek. 

Disampaikan Kapolsek, untuk belakangan ini cuaca pada siang hari sangat terik. Meskipun hujan masih ada turun, tetapi dengan intensitas sedang dan ringan saja. 

Maka oleh karena, sangat rawan adanya hotspot dan bisa terjadi kebakaran. Apalagi banyak lahan gambut dan tidak bertuan.

Tetapi untuk saat ini lahan gambut di Kecamatan Pampangan masih basah belum sangat kering. 

BACA JUGA:Berkas Perkara Lengkap, Tersangka Penembak Sopir Truk di Sungai Ceper OKI Segera Jalani Sidang

Lanjutnya, pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat banyak khususnya Kecamatan Pampangan agar jangan membakar lahan untuk membuka lahan pertanian atau lahan kebun. 

"Apabila membuka lahan dengan membakar dapat terpantau satelit hotspot," tegasnya. 

Ditambahkan Kapolsek, pihaknya juga mengimbau untuk pemilik lebak atau yang memancing jangan melakukan pembakaran ataupun membuang puntung rokok. 

Yakni melalui puntung rokok itu, jelas dapat mengakibatkan kebakaran. Karena bisa terbakar disaat cuaca kering. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: