Desa Tanjung Raya OKU Timur Raih Penghargaan Desa Cantik Terbaik Indonesia Tahun 2022

Desa Tanjung Raya OKU Timur Raih Penghargaan Desa Cantik Terbaik Indonesia Tahun 2022

Penyerahan Piala Penghargaan Desa Cantik BPS 2022 di Jakarta, Senin 30 Januari 2023.-Foto: dokumen/sumeks.co-

OKU TIMUR, SUMEKS.CO -  Prestasi membanggakan kembali diukir Kabupaten OKU TIMUR di bawah kepemimpinan Ir H Lanosin dan HM Adi Nugraha Purna Yudha SH.

Kali ini prestasi diraih Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang yang berhasil menyabet Anugerah Desa Cantik Terbaik Tahun 2022.

Kepastian Penganugerahan Desa Cantik Tahun 2022 untuk Desa Tanjung Raya ini tertuang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penetapan 12 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Terbaik Tahun 2022.

Bupati OKU Timur Ir H Lanosin mendampingi Kepala Desa Tanjung Raya Fery Rusidin hadir langsung untuk menerima penganugerahan yang dilaksanakan Aryanusa Ballroom Lantai 2, Menara Dana Reksa, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 30 Januari 2023.

BACA JUGA:UMKM Sambut Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19

Kegiatan ini juga diintegrasikan dengan Launching Reformasi Birokrasi BPS Tahun 2023 dan Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 'Kolaborasi Mewujudkan Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju'.

Plakat dan sertifikat penganugerahan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas dan Kepala BPS Margo Yuwono.

Kepala BPS Margo Yuwono dalam sambutannya mengutarakan, bahwa betapa pentingnya peran data BPS dalam berbagai aspek.

"Data ini dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menyusun strategi bagaimana daya beli bisa dijaga, bagaimana pertumbuhan bisa pulih seperti sebelum pandemi Covid-19," ujar Margo Yuwono.

BACA JUGA:Mandiri Desaku, Juara Pertama Festival Film Pendek OKU Timur

Ia melanjutkan, BPS terus melakukan transformasi dalam tubuhnya, transformasi yang diarahkan kepada 2 aspek.

"Aspek di hulu adalah perbaikan sistem dan manajemen internal dan pada hilirnya kami segenap pegawai BPS berupaya bagaimana mendukung penyelesaian isu-isu prioritas pemerintah," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin sangat mengapresiasi Kades Tanjung Raya dan seluruh yang terlibat atas perjuangan dan kerja keras. Sehingga Desa Tanjung Raya bisa menjadi salah satu dari 12 penerima penghargaan Anugerah Desa Cantik Terbaik Tahun 2022.

"Alhamdulillah, Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang mendapatkan penghargaan Desa Terbaik Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2022 Kategori Desa Berkembang, ini semua berkat keseriusan dan kerja keras kita semua, saya sangat mengapresiasi," ungkap Bupati setelah acara.

BACA JUGA:Hadiri Pengajian, dr Sheila Kampanyekan Masalah Stunting

Bupati Enos menegaskan, bahwa Penghargaan ini sebagai bukti nyata bahwa data memang sangat penting untuk pembangunan dari level terkecil pemerintahan yaitu desa.

Kepala Desa Tanjung Raya Fery Rusidin dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa bangga dan harunya atas raihan prestasi Desa Tanjung Raya.

"Raihan prestasi ini tentu tidak lepas dari dukungan Bupati Enos dan Wabup Yudha, kami sangat bangga atas prestasi ini, semoga Desa Tanjung Raya bisa menjadi contoh dan teladan untuk desa-desa lainnya," kata Kades Tanjung Raya.

Turut mendampingi Kepala BPS OKU Timur Ir. Budiriyanto, M.A.P. dan Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Maryus Markus Firdaus, S.STP. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: