Kadinkes Palembang Berbagi Tips Cegah DBD, Simak Pernyataannya

Kadinkes Palembang Berbagi Tips Cegah DBD, Simak Pernyataannya

Fenty Aprina. foto: m naba anwar sumeks.co--

2. Jangan Menumpuk Baju

Setiap hari luangkan waktu untuk perhatikan gantungan baju di balik pintu.  Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk.

BACA JUGA:Enam Obat Herbal ini Bisa Atasi Penyakit DBD

Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. 

"Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup seperti di lemari, dan pakaikan pengharum itu lebih bagus," ucap dr Fenty.

3. Fogging

Selain rutin melindungi rumah pakai obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar, penting juga untuk membiasakan kegiatan fogging.

Fogging adalah cara pencegahan demam berdarah (DBD) secara massal dengan penyemprotan obat nyamuk yang mampu menjangkau area lebih luas.

BACA JUGA:DBD Meningkat, ini Himbauan Dinkes Palembang

Pencegahan demam berdarah (DBD) dengan fogging biasanya dilakukan ketika masuk musim pancaroba atau ketika angka kasus demam berdarah di daerah Anda mulai meningkat. 

Obat fogging mengandung zat kimia piretroid sintetis (insektisida) yang dilarutkan dengan air, kemudian diuapkan menjadi kabut asap. 

Asap fogging dapat menyebar cepat ke pelosok bangunan dan dapat cepat membunuh nyamuk serta jentik-jentiknya. 

Maka itu, setiap penghuni rumah wajib membiarkan semua pintu dan jendela rumah mereka terbuka selama fogging berlangsung. 

BACA JUGA:Waspada! Pungli Berkedok Fogging Nyamuk DBD

Dilakukan dengan tepat, fogging tidak akan berisiko pada kesehatan. Namun agar tidak terlalu banyak menghirup asap, sebaiknya gunakan masker atau evakuasi dulu ke tempat terbuka dengan aliran udara lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: