Kadinkes Palembang Berbagi Tips Cegah DBD, Simak Pernyataannya

Kadinkes Palembang Berbagi Tips Cegah DBD, Simak Pernyataannya

Fenty Aprina. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - DBD (Demam Berdarah Dengue) atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah, disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti

Untuk mencegah demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging untuk mencegah jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. 

Namun, pencegahan juga tetap harus Anda lakukan sendiri di rumah

Diketahui, 908 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Palembang pada tahun 2022. Dari 908 kasus tersebut, terdapat 15 orang meninggal karena DBD.

BACA JUGA:Cegah DBD, Kadinkes Palembang Galakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Hal itu berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang.

Untuk menghindari dari DBD, SUMEKS.CO memberikan Tips Ampuh Cegah DBD berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang dr Hj Fenty Aprina.

1. Rutin Bersihkan Bak Mandi

Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. 

Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. 

BACA JUGA:DBD Mengintai, ini Saran Dinkes Sumsel

Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 sampai 10 hari dalam suhu ruang. 

"Membersihkan bak mandi Anda setidaknya rutin satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti," kata Fenty Aprina kepada SUMEKS.CO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: