Enam Obat Herbal ini Bisa Atasi Penyakit DBD

Enam Obat Herbal ini Bisa Atasi Penyakit DBD

Ilustrasi.--

SUMEKS.CO - Di musim hujan, tak hanya penyakit flu, batuk, dan pilek yang menyerang. Demam berdarah juga harus diwaspadai. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebut virus Dengue.

Virus dengue ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui darah karena gigitan nyamuk. Nyamuk membawa virus dalam air liurnya. Virus mulai berkembang biak setelah memasuki darah Anda. Akhirnya, virus bersama dengan respons sistem kekebalan membuat Anda merasa sakit.

Untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue (DBD), ada beberapa herbal alami yang bisa membantu mengatasi.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in. https://pharmeasy.in/blog/home-remedies-for-dengue-by-dr-siddharth-gupta/?fbclid=IwAR3REyPfluaQYgpYMMHZfSYTQBscalZj1M7xF1exBTxjMk1lulm-V4Y4YI0.

BACA JUGA:Basmi DBD, Dinkes Muara Enim Lakukan Foging Focus

1. Daun neem

Ekstrak daun neem bisa menghentikan pertumbuhan virus dengue dalam penelitian laboratorium yang dilakukan pada hewan.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan daun neem untuk membantu mengatasi demam berdarah. Caranya, rebus beberapa daun neem segar dalam air. Rutin minum air herbal alami ini membantu Anda pulih dengan cepat. Anda juga bisa minum jus daun neem.

Untuk membuat jus neem, giling beberapa daun segar dengan secangkir air. Saring cairan ini dalam cangkir dan jus Anda sudah siap. Anda bisa menambahkan madu atau jus lemon secukupnya.

2. Daun pepaya

Daun pepaya telah digunakan untuk pengobatan demam berdarah. Direkomendasikan untuk menurunkan demam berdarah dengue dalam pengobatan tradisional. Kemampuan daun pepaya untuk mengobati demam berdarah telah diteliti.

BACA JUGA:Cegah Penyebaran DBD, Puskesmas Tanjung Batu Lakukan FoggingBACA JUGA:Cegah Penyebaran DBD, Puskesmas Tanjung Batu Lakukan Fogging

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit, sel darah putih dan neutrofil pada manusia. Peningkatan jumlah trombosit bisa membantu mencegah pendarahan, sehingga mencegah perkembangan penyakit.

Anda bisa mengonsumsi jus daun pepaya untuk membantu demam dan mengembalikan jumlah trombosit normal. Jus dibuat dengan menggiling daun pepaya segar dengan secangkir air. Saring cairan dalam cangkir dan jus daun pepaya siap dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: