Kuota Penerima Bantuan JKN-KIS Ogan Ilir Bulan Ini 59 Orang, Yuk Buruan Daftar!

Kuota Penerima Bantuan JKN-KIS Ogan Ilir Bulan Ini 59 Orang, Yuk Buruan Daftar!

Kartu KIS.-Foto: dok/sumeks.co-

Dana Bansos UMKM dari Kartu Prakerja dan PKH

Kabar baik bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meskipun program dana Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2023 telah dihapuskan pemerintah, pelaku UMKM masih berkesempatan mendapatkan dana Bansos hingga Rp3.000.000.

Caranya gampang, segera daftar Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini kembali dilanjutkan pemerintah tahun 2023. Pelaku UMKM bisa mendaftar sebagai penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan.  

Dana Bansos yang diberikan kepada UMKM dari pemerintah ini besarannya bisa mencapai Rp3.000.000 per orang. Program Keluarga Harapan ini merupakan bantuan sosial dari Kementerian Sosial yang sudah dipastikan akan kembali disalurkan tahun 2023. 

Bantuan sosial PKH ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama masyarakat miskin. UMKM bisa mendapatkan dana bansos PKH jika memenuhi syarat Kementerian Sosial.

Anda bisa mendaftar program ini melalui aplikasi Cek Bansos. Cara mendaftarnya, download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store untuk android.

Daftar dengan cara membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie. Setelah membuat akun, login ke aplikasi Cek Bansos memakai user id dan password yang telah dibuat.

Setelah itu akan muncul menu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan dan Daftar Usulan. Jika ingin daftar bisa klik menu Daftar Usulan.

Selain Program Keluarga Harapan, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan dana bantuan sosial dari program pemerintah melalui program lainnya. Sangat dianjutkan bagi pelaku UMKM untuk mendaftar Program Kartu Prakerja tahun 2023. 

Dilansir dari laman prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program bantuan Kartu Prakerja 2023 ini kembali akan disalurkan pada tahun 2023. Program ini bisa dimanfaatkan bagi pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan bantuan dana sebesar Rp600.000 per orang dan mendapatkan bonus Rp100.000. 

Tak hanya itu, pelaku UMKM juga akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan senilai Rp3.500.000 untuk meningkatkan keterampilan di secara online. 

Gelombang 48 Program Kartu Prakerja ini akan dibuka kembali ditahun 2023. Peserta dari Kartu Prakerja ini akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp600.000 per bulan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: