Masih Ada Warga Palembang Belum Memiliki Kartu KIS, Wakil Walikota Jamin Kemudahanya

Masih Ada Warga Palembang Belum Memiliki Kartu KIS, Wakil Walikota Jamin Kemudahanya

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Menjamin kemudahan pendaftaran Kartu Indonesia Sehat (KIS)-Foto: Sumeks.co-

BACA JUGA:Warga Palembang tak Punya Kartu KIS untuk Berobat, KTP Jadi Pengganti

Selain itu, masyarakat yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Pemerintah, berkesempatan mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk diketahui, KIS adalah Kartu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini dikelola BPJS (Badan Peyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan.

Nah, peserta KIS iuran jaminan kesehatan atau KIS PBI JK gratis yang dibayarkan pemerintah. Berikutnya penerima bantuan Iuran (PBI) KIS BPJS Kesehatan akan menerima pelayanan kelas 3.

Terpenting mereka tidak perlu membayar iuran sebab sudah dibayarkan oleh pemerintah.  Besaran iuran KIS adalah sebesar Rp42.000 dan langsung dibayarkan kepada pihak BPJS Kesehatan. 

BACA JUGA:Wawako Palembang Optimis Realisasi Kartu KIS Tercapai

Tak hanya itu,  PBI KIS BPJS Kesehatan bisa juga mendapatkan skema bantuan sosial (bansos) tunai seperti PKH, BPNT atau Kartu Sembako, PIP, dan KIP Kuliah dan lain sebagainya. 

Pasalnya, data yang diambil sebagian besar merupakan data yang diperoleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang dikelola oleh Pusdatin Kemensos. 

Dengan kata lain mereka yang sudah ada namanya didalam DTKS berpeluang mendapatkan berbagai jenis bantuan lainnya yang diberikan pemerintah. 

Jadi jika meraka telah memiliki kartu KIS yang dibayarkan pemerintah, akan berpeluang besar masuk menjadi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: