PNS Pensiun Massal sudah Terdata Hingga 10 tahun Kedepan, MenPAN RB Buka-bukaan Begini

PNS Pensiun Massal sudah Terdata Hingga 10 tahun Kedepan, MenPAN RB Buka-bukaan Begini

Harnojoyo (tiga dari kanan) pose bersama PNS yang diambil sumpah dan janjinya, Senin 14 November 2022. --

SUMEKS.CO -  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi (PANRB) telah menuntaskan rekapitulasi data lengkap PNS pensiun massal. 

Termasuk PNS yang memasuk masa pensiun. Menteri PAN-RB Anas mengatakan sudah minta ke BKN data 10 tahun terakhir. Serta memproyeksikan kebutuhan PNS hingga 10 tahun kedepan. 

“Saya minta BKN data hingga 10 tahun terakhir. Jadi telah bisa perkirakan 10 tahun ke depan, berapa orang PNS pensiun di 10 tahun ke depan.

Ujungnya kita dapat perkirakan berapa ASN membutuhkannya," ujar Abdullah Azwar Annas beberapa waktu lalu .

BACA JUGA:Update Tahun 2023, Program Pensiun PNS Dapat Rp 1 Miliar, MenPAN RB Akhirnya Buka-bukaan

BACA JUGA:PNS Berminat Pensiun Dini Massal? Yuk, Intip Besaran Uang yang Terima Sekarang

Sayangnya, Menteri PAN RB  itu, masih enggan menyebutkan pasti berapa data PNS pensiun dini. Dia hanya bisa memastikan pendataan ini juga digunakan untuk mempermudah proses birokrasi yang disahkan Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan menyinggung soal reformasi struktur dan kinerja pegawai negeri sipil (PNS). Jokowi meminta kementerian PAN-RB, lebih efisien dalam struktur. 

Pendataan ini dilakukan seiring dengan adanya rencana kebijakan pensiun dini massal bagi ASN, termasuk bagi para pegawai negeri sipil (PNS).

Ini sebagai mana tertuang dalam RUU ASN yang telah masuk ke dalam Program Legislasi Nasional  (Prolegnas) 2023 usulan DPR.

Asisten Bidang Perencanaan, Perancangan dan Pengadaan Tugas Perlengkapan Personalia Kementerian Administrasi Negara dan Reformasi Birokrasi Aba Subagja menambahkan aturan pensiun dini ASN sudah ada.

PNS bisa mengajukan pensiun dini karena pengaturan organisasi atau memenuhi persyaratan PP 11/2017. Jika PNS dengan masa kerja 10 tahun bisa pensiun dini karena perubahan organisasi.

“Karena dia tidak punya tempat,  organisasinya diperkuat, misalnya. Kemudian kalau dia mendapat kursi bolak-balik, lalu tidak, maka dia bisa mengajukan pensiun dini," jelasnya.

BKN  mengatur  pensiun dini. Ada dua jenis perlakuan khusus terkait dengan  hak  pensiun dini PNS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: