Kasus Covid di China Meledak Lagi, Diprediksi Tembus 9 Ribu Kasus Kematian dalam Sehari

Kasus Covid di China Meledak Lagi,  Diprediksi Tembus 9 Ribu Kasus Kematian dalam Sehari

Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari covid19goid--

BACA JUGA:OPI Mall Jakabaring Buka Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Catat Waktu dan Tempatnya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan data yang menemukan bahwa secara keseluruhan tren pandemi telah terkendali di sebagian besar negara di dunia. Mereka juga yakin bahwa saat ini situasinya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Namun, dalam konferensi pers terbaru, WHO juga menyatakan keprihatinannya atas perkembangan terkini yang dilaporkan peningkatan kasus di China secara tiba-tiba.

Kematian akibat Covid-19 di China tembus 9000 kasus perhari

Hasil dari kajian lembaga riset data kesehatan yang berbasis di Inggris, Airfinity menyebutkan kasus Covid-19 di China diprediksi tembus hingga sekitar sembilan ribu kasus setiap hari. seperti dikutip dari Cnnindonesia. 

BACA JUGA:UMKM Makin Tangguh, BRI Telah Rampungkan 54,5% Restrukturisasi Kredit COVID-19

Bahkan perusahaan itu mencatat hingga 23 Januari 2023 yang akan datang peluang kematian Covid-19 bisa mencapai puluhan ribu jiwa dalam sehari.

Airfinity memperkirakan angka kematian Covid di China pada 23 Januari 2023 bisa mencapai sekitar 25.000 kasus sehari.

Perusahaan analis data itu menilai pada pada hari tersebut, total kematian kumulatif akibat Covid-19 di China sejak Desember 2022 bisa mencapai 584.000 kasus.

Jumlah itu hampir dua kali lipat sejak prediksi terakhir lembaga itu yang memperkirakan 5 ribu kasus kematian akibat Covid-19 di Beijing pada awal 2023.

BACA JUGA:Hakim Terpapar Covid, Sidang Vonis Terdakwa Korupsi Dana Desa Yusman Effendi Ditunda 2 Pekan

Dalam laporan terbaru, Airfinity memprediksi 100 ribu kasus kematian bakal dialami Negeri Tirai Bambu sejak 1 Desember 2022. Jumlah kasus secara keseluruhan juga diperkirakan mencapai 18,6 juta.

Dilansir Reuters, Airfinity memproyeksikan infeksi Covid-19 di China mencapai puncak pada 13 Januari 2023 dengan 3,7 juta kasus sehari. Angka itu sangat berbanding terbalik dengan jumlah kasus yang selama ini dilaporkan pemerintahan Presiden Xi Jinping.

China belakangan memang sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19 sejak negara itu mencabut kebijakan nol-Covid mereka pada 7 Desember.

Pada 28 Desember, jumlah kematian resmi akibat Covid-19 di China mencapai 5.246 kasus sejak pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: