Badai Besar 28 Desember 2022 di Jabodetabek, Deputi Meteorologi BMKG: Hati-hati Menggunakan Istilah Badai

Badai Besar 28 Desember 2022 di Jabodetabek, Deputi Meteorologi BMKG: Hati-hati Menggunakan Istilah Badai

Badai besar 28 desember 2022 di Jabodetabek, deputi meteorologi BMKG: hati-hati menggunakan istilah badai. foto: jpg--

JAKARTA, SUMEKS.CO -  Informasi BMKG akan adanya badai besar pada 28 Desember 2022 yang melanda Jabodetabek. 

Dalam keterangan yang diberikannya hari ini, BMKG menjelaskan CENS (arus lintas ekuatorial) sebagai seruak angin dingin Asia yang sampai menyeberangi ekuator, masuk wilayah Indonesia. Dampaknya secara tidak langsung pada peningkatan curah hujan dan kecepatan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan ekuator.

"Potensi hujan lebat sampai sangat lebat di periode 27 Desember 2022 - 02 Januari 2023 dapat terjadi di Banten sampai NTT," tulis BMKG.

Sebelumnya, peneliti klimatologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin mengungkap prediksinya kalau akan terjadi hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022. 

BACA JUGA:Waspada! Hingga 2 Januari 2023, Potensi Badai dan Cuaca Buruk Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

Peringatan dini ditujukannya untuk wilayah Jabodetabek, terutama Bekasi dan Tangerang.

Erma menuturkan, badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur. 

Pertama, dari barat, melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst). Kedua, dari utara, melalui angin permukaan yg kuat (northerly, CENS).

"Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam pada 28 Desember 2022," katanya via akun media sosial Twitter pada Senin 26 Desember 2022. 

BACA JUGA:Badai Ian Hantam Florida, 2,3 Juta Rumah Terganggu Listrik

Erma menambahkan, "Konvergensi di darat juga akan terjadi secara massif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat."

Namun BMKG menjelaskan bahwa Istilah badai, terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem, itu badai.

Itu penjelasan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers seperti dilihat di YouTube BMKG, Selasa, 27 Desember 2022. 

Terkait informasi dari BMKG akan adanya badai besar pada 28 Desember 2022 yang melanda Jabodetabek, Damkar Kota Depok menyiagakan sejumlah personel dan perlengkapan guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: