Tata Cara Pemasangan Converter CNG Pengganti BBM Diatur Ketat Kemenhub, agar Lebih Safety

Tata Cara Pemasangan Converter CNG Pengganti BBM Diatur Ketat Kemenhub, agar Lebih Safety

Pengganti BBM jenis Pertalite digadangkan pemerintah adalah CNG.-foto:doksumeksco-

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Terdapat 10  regulasi pemasangan converter CNG pengganti BBM yang lebih murah dari kendaraan listrik.  Hal itu tertuang melalui Peraturan Kementerian Menteri Perhubungan RI Nomor PM 39 tahun 2012.

Khusus, soal saluran CNG pada kendaraan tertulis di pasal, 10 Peraturan Kementerian Menteri Perhubungan RI Nomor PM 39 tahun 2012 yaitu tentang regulasi pipa tekanan tinggi dan pipa  untuk tekanan rendah.

Peraturan Kementerian Perhubungan menyebutkan jika kendaraan bermotor penggunaan bahan bakar jenis CNG harus memiliki ketelitian dan penanganan yang super serius.  

Pasalnya Compressed Natural Gas (CNG) pengganti BBM merupakan gas yang memiliki tekatan sangat tinggi.

BACA JUGA:CNG Pengganti BBM Digunakan pada Moda Transporasi Massal, Apa Kabar di Sumatera Selatan?

Apalagi jika dibanding dengan LNG atau LVG dengan 8-12 bar. Sementara tekanan CNG di level 200 bar.

Dengan kondisi tekanan yang tinggi dan CNG merupakan bahan bakar kualitas setara dengan Partamax Turbo Ron 98, terdapat 10  aturan pemasangan converter CNG pengganti BBM yang lebih murah dari kendaraan listrik.

Saluran CNG, seperti dikutip dari disway.id bertekanan tinggi hingga 200 bar menggunakan pipa yang menghubungkan tangki CNG hingga regulator.

Sedangkan saluran CNG bertekanan rendah tidak melebihi 10kPa mulai dari regulator sampai dengan mixer menggunakan pipa lentur atau  selang karet dengan beberapa regulasi.

Pemasangan converter CNG tentang saluran CNG yang mempunyai tekanan hingga 200 bar dari katup pengisian ke tangki  bahan bakar gas sampai dengan regulator (melebihi 100kPa).

BACA JUGA:CNG bisa Jadi Sahabat bagi Dompet, 3 Ribuan per Liter, Solusi Lonjakan Harga BBM Tahun 2023

Simak aturannya dengan teliti:   

1. Mempunyai menampung tekanan kerja 27,5 MPa atau 275 Bar dan tekanan uji pada 70 MPa (700 Bar).

2. Menggunakan pipa baja seamless atau tanpa sambungan dan tahan terhadap korosi dengan diameter luar maksimum 6 mm dan dilindungi PVC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: