Mengenal Kue Tapal Sepit atau Semprong Khas Ogan Komering Ilir, Ini Resep dan Cara Buatnya

Mengenal Kue Tapal Sepit atau Semprong Khas Ogan Komering Ilir, Ini Resep dan Cara Buatnya

Kue Tapal Supit.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kue Tapal Sepit atau Semprong selalu ada setiap lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Khususnya di tengah masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kue tradisional khas OKI ini wajib ada di dalam toples setiap rumah apabila hari lebaran Idul Fitri. 

Sebutan lainnya dari kue Tapal Sepit ini sering juga disebut kue semprong. Untuk bentuknya juga beda tetapi bahannya sama yakni tepung beras. 

Yakni ada yang bentuk setigita dilipat disebut Tapal Sepit. Lalu ada yang bentuk panjang digulung disebut semprong. 

"Kalau di desa kami Penyandingan Kecamatan Teluk Gelam OKI, kue Tapal Sepit selalu ada setiap lebaran," ungkap Setia, kepada SUMEKS. CO, Sabtu 17 Desember. 

Dijelaskannya, kue Tapal Sepit ini berbentuk segitiga dilipat dan rasanya manis. Dimasak dengan cara dipanggang hingga kecokelatan. Yakni dengan menggunakan cetakan khusus dari besi. 

BACA JUGA:5 Tempat Sarapan Favorit Menu Khas Palembang

"Rata-rata setiap rumah kalau mendekati lebaran selalu membuat kue Tapal Sepit. Karena rasanya yang manis gurih dan garing. Sehingga rata-rata semua orang suka," jelasnya. 

Masih kata dia, membuat kue semprong dan tapal sepit ini, tidak lah begitu sulit. Untuk bahan-bahanya adalah tepung beras, tepung terigu, telur. 

Lalu, gula pasir, susu bubuk, santan kental, mentega. Semua bahan dicampur dan ditambah air. Barulah masuk cetakan dan dipanggang hingga kecokelatan. 

BACA JUGA:Polrestabes Palembang Gelar Lomba Memasak Pempek Agar Mendunia

Saat selagi panas, kue tapal sepit langsung dilipat segitiga. Sedangkan untuk kue semprong selagi panas langsung digulung. 

"Setiap lebaran bila membuat kue tapal sepit ini selalu mendapat puluhan toples," ungkap Setia.

Ditambahkannya, terkadang juga kue tapal sepit ini juga memberi untuk keluarga di Palembang bila bertandang atau berkunjung ke desa. 

Resep dan cara membuat kue Tapal Sepit atau Semprong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: