Ini 10 Rest Area Jalur Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung dan Palembang

Ini 10 Rest Area Jalur Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung dan Palembang

Gerbang Tol Kramasan ruas Tol Palembang-Kayuagung. -Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 10 rest area tersebar di ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung (Terpeka) dan ruas tol Kayuagung-Palembang. rest area ini telah berbenah disiapkan untuk pemudik saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang masih satu pekan lebih. 

Para pengendara pengguna ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung dan ruas Tol Kayuagung-Palembang, bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat dan membeli oleh-oleh selama dalam perjalanan menuju atau kota yang dituju. 

Branch manager Tol Terpeka, Yoni Satyo menjelaskan, sepanjang ruas tol Terpeka disiapkan ada sebanyak 9 rest area bagi para pemudik Nataru. Sementara 1 rest area terdapat di ruas tol Kayuagung-Palembang. Sehingga dioperasikan Nataru ini sebanyak 10 rest area. 

"Dari 9 rest area di sepanjang ruas tol Terpeka mulai dari KM 163 A hingga KM 311 A.  Untuk kondisi ruas tol bagus," ujar Yoni. 

Yoni memaparkan, untuk 9 rest area itu, para pengendara dapat beristirahat dari perjalanan jauh dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Seperti toilet, Masjid, ATM, Bengkel, SPBU dan masih banyak fasilitas lainnya yang sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)  yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR.

BACA JUGA:Warga Desa Ini Tak Sadar Selama Ini Mereka Hidup di Wilayah Sumsel, Urus Administrasi Penduduk ke Jambi

"Di rest area itu juga ada  tenant makanan, minuman, minimarket, resto dan lainnya. Sehingga para pengendara atau pemudik bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan membuat nyaman perjalanan," terangnya, Rabu 14 Desember 2022.

Sementara Yoni juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol. Serta memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik (UE) sebelum melintas di jalan tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. 

Terpenting, sambungnya, untuk melaporkan ke Call Centre masing-masing Cabang Tol apabila terjadi tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area. 

Berikut Posisi Rest Area ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung: KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A. Sedangkan Rest Area ruas Tol Kayuagung-Palembang KM 360 B.

BACA JUGA:5 Jembatan Terpanjang dan Ikonik di Pulau Sumatera, Ampera Peringkat Kelima

Terpisah, Manager Operasi PT Waskita Sriwijaya Tol, Sabdo Hari Mukti mengatakan, untuk ruas tol Kayuagung-Palembang selama arus mudik Nataru ini menyediakan 1 rest area yang terdapat di KM 360 B. Dengan fasilitas yang disiapkan Masjid, parkir gol 1 dengan kapasitas 50 kendaraan, toilet 2 unit permanen dan 4 unit portabel. Juga disiapkan tenant UMKM. 

Dia menjelaskan, selama Nataru ini pihaknya juga mensiagakan armada dan personil sebanyak 90. Termasuk menyiapkan 1 rescue, 40 unit PJR, 4 unit patroli jalan tol. Adanya armada siaga 20 kendaraan, 2 unit ambulans, 4 unit derek. 

"Untuk pelayanan informasi ada 42 unit CCTV. Juga penempatan petugas mulai dari gerbang tol, posko Sriwijaya serta posko Nataru di KM 347, GT Kramasan KM 360," jelas Hari, kepada SUMEKS.CO, Rabu 14 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: