16 Pejabat yang Pernah Mempimpin Sumsel, Dua Jadi Pemimpin Terlama

16 Pejabat yang Pernah Mempimpin Sumsel, Dua Jadi Pemimpin Terlama

Foto pejabat yang pernah memimpin Provinsi Sumatera Selatan terpajang di salah satu dinding di Kantor Gubernur Sumsel.-edy handoko-

Menjabat Gubernur Sumsel, periode 7 November 1998 sampai 7 November 2003. Pada masa pemerintahannya, ia merintis persiapan Sumsel sebagai tuan rumah PON XVI. Salah satunya dengan menyelenggarakan Kejurnas Sepatu Roda pada Juli 2002.

Sejumlah sarana dan prasarana umum juga gencar dibangun saat itu, seperti pembangunan mal, hotel, dan pusat perniagaan. Pembangunan proyek yang pernah ditentang banyak pihak, disebut Rosihan, sebagai upaya peningkatan ekonomi.

BACA JUGA:Dinkes Sumsel Segera Tarik Obat Sirop, Trisnawarman : Tunggu Surat Resmi Gubernur

Salah satu dampak positif pembangunan tersebut adalah munculnya aneka pembangkit listrik yang menyuplai listrik ke jaringan Sumatera bagian selatan. Jabatan Rosihan berakhir pada 12 September 2003 setelah kalah dalam perolehan suara di DPRD Sumsel. 

Syahrial Oesman dan Mahyuddin

Pasangan ini mempimpin pada periode 7 November 2003 sampai 11 Juli 2008. Pada masa Syahrial, Sumsel dideklarasikan menjadi daerah lumbung energi nasional. Syahrial juga meluncurkan program pariwisata Visit Musi 2008 yang ditiru daerah lain.

Pada sisa masa jabatan, Syahrial wajib mundur untuk mengikuti pilkada. Dia harus bertarung dengan lawannya, Bupati Musi Banyuasin, Alex Noerdin untuk menjadi gubernur ke-14.

Mahyuddin NS

Mempimpin Sumsel untuk periode 11 Juli 2008 sampai 7 November 2008.

BACA JUGA:Dukung Operasi Pasar, BI Optimis Inflasi di Sumsel Stabil

Alex Noerdin dan Eddy Yusuf 

Pasangan ini menjabat periode 7 November 2008 sampai 7 November 2013.

Alex Noerdin dan Ishak Mekki

Periode 7 November 2013 sampai 21 September 2018. Masa kepemimpinan Alex Noerdin banyak pembangunan yang dilakukan diantaranya LRT Palembang sekaligus Sumsel menjadi tuan rumah Sea Games dan Asian Games.

Herman Deru dan H Mawardi Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: