Tempat Wisata Sejarah di Palembang, Cocok untuk Edukasi Buah Hati di Akhir Pekan

Tempat Wisata Sejarah di Palembang, Cocok untuk Edukasi Buah Hati di Akhir Pekan

Jembatan Ampera yang menghubungkan kawasan hulu dan hilir Kota Palembang.-Rappi-

Kampung Kapitan

Kampung yang berada di kawasan ulu Kota Palembang ini merupakan perkampungan masyarakat keturunan Tionghoa. Kampung ini ada sejak 1664. Ada banyak sisi menarik disini. 

Ayah bunda dan buah hati bisa melihat bangunan-bangunan tua kala itu. Klenteng hingga peninggalan lain. 

Meskipun namanya Kampung Kapitan dan dihuni warga keturunan Tionghoa, bagunan di Kampung Kapitan tidak semuanya bernuansa Tionghoa. Bisa ditemukan bangunan dengan gaya arsitektur barat hingga rumah bergaya masyarakat Palembang dari jaman dahulu.

BACA JUGA:Sempat Viral, Curug Tinggi Kini Sepi Pengunjung

Selain dari sisi bagunan yang tentunya bisa menjadi spot foto menarik, kuliner di kampung ini sungguh unik. Ada tempat makan dengan makanan khas Palembang, sampai khas Tiongkok, semuanya lengkap. 

Kampung Kapitan, bisa dijangkau melalui jalan darat atau air. Ayah bunda yang ingin memberikan adventure bisa naik perahu getek dari area Benteng Kuto Besak. 

Museum Tekstil

Ayah bunda yang ingin lebih nyaman. Bisa mengajak buah hati ke museum diakhir pekan. Satu diantaranya Museum Tekstil. 

Setidaknya dari mengunjungi museum ini ayah bunda bisa tahu sejarah tekstil di Indonesia terutama Palembang. Di Museum yang dibangun pada 1883 ini pada masa jayanya menjadi pusat kerajinan kain Sumatera Selatan.

Disini bisa melihat beragam songket khas Palembang dan alat tenun yang berada di ruang pameran. Pada gedung bagian belakang juga terdapat tempat pembuatan batik khas Palembang. Untuk berkunjung kesini harus mendapat izin dari BPKAD.

Museum Tekstil berlokasi di di pusat kota Palembang tepatnya Jl Merdeka Nomor 9, Bukit Kecil, Palembang. Sekitar 2 Km dari Jembatan Ampera. 

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Tempat wisata sejarahkan tidak kalah menarik. Intinya sebagai museum arkeologi yang menyimpan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Akan tetapi, bukan berarti hanya ada benda-benda berharga bukti kejayaan masa lampau saja. Kawasan museum sudah mengikuti perkembangan jaman dan menjadi kekinian.

Pada area museum ayah bunda bisa menemukan berbagai spot cantik yang pas untuk mengambil foto instagramable. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: