Modifikasi Kulit Dimsum dengan Buah Naga, Resep Kreasi Bento

Modifikasi Kulit Dimsum dengan Buah Naga, Resep Kreasi Bento

NACK SEHAT NAN LEZAT: Dimsum dengan kulit berwarna keunguan kreasi chef Dhoni menggoda lidah untuk segera mencicipinya. (Alfian Rizal/Jawa Pos)--

SUMEKS.CO, Ingin membuatkan camilan sehat nan lezat buat si kecil? Dimsum bisa jadi pilihan. Dimsum yang bertekstur lembut juga kerap dijadikan menu makanan pendamping ASI (MPASI). Kreasi dan modifikasinya beragam.

BUKAN hanya rasanya yang lezat, dimsum bisa dimodifikasi dengan tambahan buah naga dan berbagai sayuran. Misalnya, kreasi Ita Fatkhur Romadhoni berikut. Penyajiannya pun dibuat dengan model bento. Perpaduan racikan bumbu yang pas dan tampilan yang menggoda bikin anak-anak doyan.

Pure buah naga yang ditambahkan pada adonan kulit dimsum tidak hanya membuat warnanya makin cantik. ’’Tapi, juga menambah kandungan gizi,’’ tutur dosen D-4 Tata Boga Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut. Buah naga kaya protein dan memiliki kandungan antioksidan.

Serta, ada brokoli dan beberapa sayuran lainnya yang dijadikan isian dimsum. ’’Ini juga cara agar anak-anak mau makan sayuran,’’ ucapnya. Sayuran dicincang, lalu dicampur ayam dan udang, berpadu dengan aroma minyak wijen yang khas. Bikin kalap untuk segera menyantapnya.

BACA JUGA:Bangga Makanan Khas Palembang, Gunakan Plat Mobil \

Penyajian dengan konsep bento membuat dimsum semakin menarik. Dosen mata kuliah pengembangan produk tersebut menambahkan beberapa hidangan pelengkap. Bakpao manis sebagai pengganti karbohidrat. Serta, buah stroberi kaya akan vitamin.

Jamur enoki juga disajikan sebagai pelengkap. Begitu juga cikuwa serta minuman probiotik. Saus pendamping dimsum dibikin customized. Dhoni, sapaan akrab Ita Fatkhur Romadhoni, yang membuat dimsum bento untuk anak-anak sejak 2019 itu menggunakan buah naga yang dicampur dengan mayones. Warnanya yang cantik diharapkan menggugah selera anak-anak. Cocok buat bekal sekolah anak nih, Bun.

 

RESEP KULIT DIMSUM

Bahan-bahan (untuk 40 pieces):

Tepung terigu protein sedang 200 gram

Tepung tapioka 100 gram

Garam secukupnya

Minyak goreng 3 sdm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: