Bukan Juni 2024, Diprediksi Awal Musim Kemarau, BMKG Sebut Kemarau Tanpa El Nino

Sabtu 01-06-2024,14:14 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Wiwik

Suhu permukaan laut (SST) di Pasifik tengah dan timur juga terpantau mendingin sejak Desember 2023, disertai dengan suhu air di bawah permukaan yang jauh lebih dingin dibandingkan rata-rata.

Sekedar informasi tambahan, El Nino dan La Nina adalah fenomena cuaca ekstrem di Samudra Pasifik yang berdampak besar pada iklim global. 

El Nino terjadi ketika suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah meningkat, meningkatkan potensi awan di area tersebut dan mengurangi curah hujan di Indonesia.

BACA JUGA:Peringatan Dini dan Prakiraan Cuaca Sumsel 25 Maret 2024, Ini Deretan Gempa yang Mengguncang Sejumlah Daerah

BACA JUGA:Musim Kemarau Datang Lebih Awal, Awas Waspadai Kekeringan Parah Tahun 2024 

Sementara La Nina terjadi ketika suhu permukaan laut di area yang sama menurun, mengurangi pertumbuhan awan dan dapat menyebabkan curah hujan tinggi di Indonesia.

Ciri-ciri El Nino termasuk lemahnya angin pasat timur dan curah hujan rendah di dekat Indonesia tetapi tinggi di dekat Peru, sementara suhu udara naik. 

Di sisi lain, La Nina ditandai dengan penguatan angin pasat barat, curah hujan tinggi di Indonesia tetapi rendah di dekat Peru, dan penurunan suhu udara.

Kedua fenomena ini muncul setiap 2-7 tahun, berlangsung selama 9-12 bulan, dan La Nina biasanya lebih jarang daripada El Nino. 

BACA JUGA:Indonesia Bakal Alami Musim Kemarau Lebih Kering Usai Dilanda Suhu Panas

BACA JUGA:UPDATE, Adakah Kaitan ' Anak Tuhan' dengan EL Nino yang Picu Musim Kemarau 2023, lebih Ekstrem di Indonesia?

Dampaknya terasa luas, mempengaruhi infrastruktur, pertanian, dan energi global. Contohnya, El Nino 2014-2016 menyebabkan kekeringan di Asia dan Kanada, merusak panen, dan berdampak pada lebih dari 60 juta orang menurut FAO.

Di Indonesia, El Nino menyebabkan kekeringan dan cuaca panas, sementara La Nina menyebabkan banjir dan cuaca dingin. 

Keduanya dapat menyebabkan gagal panen, mempengaruhi ekonomi, dan membuat nelayan lebih rentan terhadap penyakit.

Kategori :