Hunter X Hunter: Mempelajari Lebih dalam Mekanisme Nen Sebagai Senjata dan Bagaimana Cara Kerjanya

Rabu 21-02-2024,16:34 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

Hunter X Hunter: Mempelajari Lebih dalam Mekanisme Nen Sebagai Senjata dan Bagaimana Cara Kerjanya

SUMEKS.CO - Dalam dunia Hunter X Hunter yang lebih mendetail tentu saja konsep tentang Nen harus berdiri sebagai sebuah landasan untuk memahami alur ceritanya yang kompleks.

Kekuatan magis dari sebuah Nen yang dimiliki oleh karakter di semesta Hunter X Hunter kiranya mampu mengangkat narasi melampaui pertempuran di anime lainnya.

Nen bukan sekadar sistem sihir atau kekuatan, Nen adalah cara hidup yang hampir seperti jalan spiritual, permadani kompleks dari potensi dan keterbatasan manusia.

Makanya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa sistem Nen sebagain sebuah energi adalah sistem paling kompleks dan terbaik di seluruh anime yang ada sampai saat ini.

BACA JUGA:Hunter X Hunter : Penjelasan Semua Mahkluk Supranatural Nen Beast Kerajaan Kakin yang Misterius

Menguasai Nen mirip dengan menguasai diri sendiri, sebuah ritus peralihan yang memisahkan pemula dari master di dunia berisiko tinggi Hunter X Hunter.

Sistem Nen di Hunter X Hunter dibagi menjadi empat teknik utama: Ten, Zetsu, Ren, dan Hatsu. Masing-masing prinsip Nen tersebut memiliki fungsi yang unik.

Tapi perlu diketahui bahwa masing-masing dari empat teknik utama tersebut saling berhubungan sedemikian rupa sehingga menciptakan keseimbangan yang harmonis di dalamnya.

Memahami prinsip-prinsip ini tidak hanya penting bagi karakter dalam cerita; ini adalah upaya yang bermanfaat bagi para penggemar yang ingin mempelajari lebih dalam mekanismenya dan memahami cara kerja masing-masing prinsip Nen.

BACA JUGA:Tserriednich Sebagai Karakter Sosiopat yang Memiliki Sisi Jahat Paling Murni di Serial Hunter X Hunter

1.Ten

Ten sering disebut sebagai "Perisai" dan berfungsi sebagai lapisan dasar dalam sistem Nen.


Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan seorang Hunter untuk memanfaatkan Aura mereka, energi kehidupan yang mengalir dalam setiap makhluk hidup.

Dengan berlatih Ten, seseorang belajar mengendalikan kebocoran alami Aura, dan secara efektif menyegelnya di dalam tubuh mereka.

Ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga bertindak sebagai lapisan pelindung terhadap serangan berbasis Aura dari orang lain.

BACA JUGA:Hunter X Hunter : 7 Potensi Karakter yang Mungkin Bisa Melampaui Isacc Netero

Sama seperti bendungan yang menahan air, Ten juga memiliki tujuan serupa, mengandung Aura sehingga dapat disalurkan dengan sengaja dalam teknik selanjutnya.

Jadi mekanismenya dengan membuat Aura menyelubungi seluruh bagi tubuh dengan cara berkonsentrasi sehingga Aura yang dimanipulasi tersebut membentuk sebuah perisai tembus pandang seperti baju besi.

Misalnya ketika Gon dan Killua pertama kali mengetahui tentang Nen, guru mereka, Wing, memperkenalkan mereka tentang Ten sebagai cara untuk mengendalikan Aura mereka.

Gon berlatih Ten untuk membentuk perisai Aura di sekeliling dirinya, yang merupakan langkah yang sangat penting dalam pelatihan Nen-nya.

BACA JUGA:Mangaka Hunter X Hunter Ternyata Orang yang Tertutup! Ini dia Fakta Yushihiro Togashi yang Jarang Diketahui

Ten adalah landasan di mana semua kemampuan Nen lainnya dibangun, sebuah prasyarat untuk latihan tingkat lanjut seperti Zetsu, Ren, dan Hatsu.

Tanpa pemahaman yang kuat tentang Ten, perjalanan pengguna Nen ke dunia Hunter akan hancur.

2. Zetsu

Prinsip Nen selanjutnya adalah Zetsu yang merupakan sebuah seni mematikan aliran Aura seseorang agar tidak terdeteksi.

Jika Ten adalah bendungan yang seolah-olah menahan aliran sungai, maka Zetsu adalah gerbang yang dapat menghentikan aliran sepenuhnya.

BACA JUGA:Zeno Zoldyck Sang Pembunuh Bayaran Legendaris di Serial Hunter X Hunter

Dengan berlatih Zetsu, seorang Hunter dapat secara efektif menghilang dari "radar sensorik" pengguna Nen lainnya, sehingga menjadikan Zetsu sebagai teknik yang sangat berharga untuk misi pengintaian.

Namun, seni penyembunyian ada harganya: saat berada dalam kondisi Zetsu, pengguna menjadi rentan, kehilangan perisai Aura pelindung yang dapat diberikan oleh Ten.

Hal inilah yang membuat teknik Zetsu menjadi pedang bermata dua, sebuah teknik yang menuntut penggunaan strategis.

3. Ren

Teknik Ren alias "Amplifier", adalah mesin menderu di antara empat teknik dasar Nen.
Jadi jika Ten melestarikan energi dan Zetsu menyembunyikan energi, sementara Ren tanpa ragu-ragu memperkuat dan memproyeksikan Aura seseorang sebagai aura mencekam.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: List Anggota Phantom Troupe Terkuat yang Bisa Mengalahkan Hisoka Morrow

Teknik ini kurang lebih seperti menaikkan volume speaker, memenuhi ruangan dengan suara resonansi sehingga akan menghadirkan dominasi.

Dengan melatih Ren, seorang Hunter dapat secara drastis meningkatkan potensi Aura mereka, dan sebagai hasilnya meningkatkan kemampuan fisik dan Nen mereka.

Gelombang energi Ren yang dipancarkan ini dapat dirasakan dengan jelas, sering kali bermanifestasi sebagai Aura yang mengintimidasi yang dapat dirasakan.

Namun, sama seperti Zetsu, penguatan Ren mempunyai konsekuensi, sebab Ren membutuhkan fokus dan stamina yang besar.

BACA JUGA: 7 Fakta Illumi Zoldyck yang Mengesankan! Mirip Seperti Uchiha Itachi Pada Anime Naruto

Penggunaan Ren yang paling berkesan di Hunter X Hunter sejauh animenya terjadi saat pertarungan antara Kurapika dengan Uvogin.

Dengan menggunakan Ren, Kurapika memperkuat Auranya ke tingkat yang luar biasa, memungkinkan dia untuk berhadapan langsung dengan Uvogin yang jauh lebih kuat.

Menguasai Ren memang menggembirakan tetapi membutuhkan kontrol yang tepat, dan harus digunakan dengan kebijaksanaan.

Tanpa kendali dan kebijaksanaan, Ren dapat membuat penggunanya kelelahan dan rentan.
Atau seperti Neferpitou yang mampu memancarkan Aura Ren-nya dalam radius beberapa mil.

BACA JUGA:9 Hal yang Jarang Diketahui Ketahui Tentang Neferpitou di Anime Hunter X Hunter

4. Hatsu

Hatsu adalah "Signature", merupakan aplikasi langsung dari ren. Ren merupakan teknik mengeluarkan aura dari dalam tubuh, sedangkan hatsu berarti memproyeksikan aura tersebut secara spesifik dengan cara tertentu untuk berbuat atau menciptakan sesuatu.

Selama mempelajari nen, seseorang bisa menentukan untuk mempelajari bagaimana mengaplikasikan kemampuan nen-nya dengan caranya sendiri sesuai dengan kepribadiannya, itulah mengapa Hatsu berarti Signature.

Kemampuan Hatsu sangat pribadi, sering kali mencerminkan kepribadian, aspirasi, atau bahkan ketakutan penggunanya, itulah mengapa antara seorang Hunter dan Hunter lainnya pasti memiliki Hatsu yang berbeda.

Hatsu memungkinkan seseorang untuk menyulap objek dari udara tipis hingga memanipulasi elemen, dan mereka sangat beragam seperti Hunter yang menggunakannya.
Menguasai Hatsu membutuhkan introspeksi dan pemahaman mendalam untuk merangkul keunikan diri sendiri.

BACA JUGA: Seberapa Kuat Wujud Sempurna Sukuna Pada Anime Jujutsu Kaisen

Seperti bentuk ekspresi diri lainnya, Hatsu bersifat paling efektif dan juga bersifat autentik, diasah melalui pelatihan ketat dan keselarasan dengan diri sendiri.(*)

Kategori :