Kanwil Kemenkumham Sumsel Siap Wujudkan Kinerja Optimal dengan Konsep TWT dan Target Anggaran 2024

Kanwil Kemenkumham Sumsel Siap Wujudkan Kinerja Optimal dengan Konsep TWT dan Target Anggaran 2024

Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sumsel mengikuti pengarahan virtual Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Nico Afinta, yang menekankan pentingnya pemahaman konsep Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab (TWT) serta optimalisasi realisasi anggaran 202--

PALEMBAMG, SUMEKS.COPimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ilham Djaya, Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ika Ahyani, mengikuti pengarahan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Nico Afinta. Arahan ini disampaikan secara virtual pada Kamis, 17 Oktober 2024, dan berlangsung di Ruang Telekonferensi Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Pengarahan ini merupakan instruksi perdana Nico Afinta sejak resmi dilantik pada 24 September 2024.

Dalam arahannya, Nico menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang konsep TWT, yaitu Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab, yang merupakan tiga komponen fundamental bagi seluruh jajaran Kemenkumham dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tugas, wewenang, dan tanggung jawab (TWT) ini adalah fondasi utama yang saling berkaitan. Kita harus memahami dengan jelas masing-masing aspek ini untuk dapat menjalankan fungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan organisasi,” ungkap Nico dalam pengarahan tersebut.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Dorong Pengakuan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual Unggulan Kabupaten Ogan Ilir

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hargai Keberhasilan Lapas Kayuagung Gagalkan Penyelundupan Narkotika

Nico menjelaskan bahwa pemahaman terhadap konsep TWT tidak bisa berjalan sendiri. Filosofi kerjasama juga harus dijadikan landasan utama dalam mengimplementasikan tugas sehari-hari.

Selain itu, ia menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang efektif antara pusat dan wilayah. Menurutnya, tanpa adanya komunikasi yang baik, akan sulit untuk menyamakan persepsi antara jajaran pusat, kantor wilayah (Kanwil), dan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Apa yang ada dalam pikiran jajaran pusat, mungkin tidak sama dengan apa yang dipikirkan oleh Kakanwil atau Kepala UPT, apalagi masyarakat. Di sini pentingnya komunikasi untuk menyamakan persepsi, agar semua pihak berjalan pada arah yang sama,” tambah Nico.

Terkait dengan realisasi anggaran dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), Nico meminta perhatian penuh dari seluruh Kakanwil untuk memaksimalkan serapan anggaran dan memastikan pencapaian target sampai akhir tahun 2024.

BACA JUGA:Tes SKD CPNS Kemenkumham Sumsel Dimulai Sabtu Ini, Siapkan Diri Anda!

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Perkuat Integritas, Ikuti Rapat Percepatan Perluasan Data Responden SPI KPK

Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa realisasi anggaran pada triwulan ketiga (TW III) harus mencapai target minimal 75%, sementara untuk nilai IKPA rata-rata sudah berada di atas 96%.

“Realisasi anggaran Kanwil Kemenkumham dan seluruh jajaran pada TW III harus ditingkatkan untuk mencapai target minimal 75%. Saya minta perhatian penuh untuk ini. Sementara itu, untuk nilai IKPA Kanwil di lingkungan Kemenkumham, rata-rata saat ini sudah mencapai di atas 96%,” jelasnya.

Nico juga mengingatkan kepada seluruh Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkumham untuk turut mendukung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham Tahun Anggaran 2024.

Tes ini akan digelar pada 19 Oktober hingga 7 November 2024 di 33 titik dalam negeri dan 10 titik di luar negeri, dengan total peserta sebanyak 437.763 orang. Ia menekankan bahwa pelaksanaan SKD harus berjalan dengan lancar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Perketat Pengawasan, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik Anggota Majelis Pengawas Notaris 2024-2027

BACA JUGA:Perkuat Penegakan Hukum, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Lantik PPNS Satpol PP Kabupaten Empat Lawang

Merespons pengarahan Sekjen, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menyatakan kesiapan penuh dari jajarannya untuk menindaklanjuti dan mengimplementasikan arahan tersebut.

Ia juga menegaskan bahwa konsep TWT akan menjadi landasan utama bagi kinerja seluruh jajaran di Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

“Arahan dari Sekjen sangat penting bagi kami, dan tentunya akan segera kami tindaklanjuti. Konsep TWT ini merupakan landasan kinerja yang dapat diterapkan oleh seluruh jajaran dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami akan terus berupaya meningkatkan kinerja serta memastikan seluruh program dapat berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Ilham Djaya.

Kakanwil juga menyatakan komitmennya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan SKD CPNS Kemenkumham TA 2024, yang akan segera dilaksanakan.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran di Lapas Kelas IIA Lubuk Linggau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: