Kanwil Kemenkumham Sumsel Adakan Studi Tiru di Yogyakarta untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Kanwil Kemenkumham Sumsel Adakan Studi Tiru di Yogyakarta untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel saat melakukan kunjungan kerja di Lapas Kelas IIB Yogyakarta, bertukar pengalaman dan belajar praktik terbaik dalam pembinaan WBP, Rabu 9 Oktober 2024.--

YOGYAKARTA, SUMEKS.CO - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan publik, Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Selatan melanjutkan program kunjungan kerjanya di Yogyakarta pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan studi tiru di Kantor Wilayah Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di wilayah tersebut, termasuk Lapas Kelas IIB Yogyakarta dan LPKA Kelas II Yogyakarta.

Studi tiru ini merupakan salah satu bentuk kegiatan benchlearning atau saling belajar antar instansi untuk meningkatkan implementasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kunjungan kali ini juga difokuskan pada berbagai program pembinaan yang dijalankan di lapas dan LPKA, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

BACA JUGA: Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Pembinaan Kelompok Sadar Hukum di Kelurahan 5 Ilir

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Belajar dari Yogyakarta, Tingkatkan Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja

Rombongan dari Kanwil Kemenkumham Sumsel dipimpin oleh beberapa pejabat penting, termasuk Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani; Kepala Bagian Program dan Humas, Yulizar; Kepala Subbagian Humas, RB, dan TI, Hamsir; Kepala Subbagian Program dan Pelaporan, Dedy Zulian; Kepala Subbagian Kepegawaian, TU dan Rumah Tangga, Tommy; serta Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan, Benni Rizky, beserta sejumlah jajaran lainnya. Mereka disambut dengan hangat oleh jajaran Lapas Kelas IIB Yogyakarta dan LPKA Kelas II Yogyakarta, yang siap berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait berbagai program pembinaan yang tengah dilaksanakan.

Salah satu fokus utama dari kunjungan ini adalah meninjau program pembinaan yang dijalankan oleh Lapas Kelas IIB Yogyakarta dan LPKA Kelas II Yogyakarta.

Tim Kanwil Kemenkumham Sumsel secara langsung meninjau berbagai pelatihan keterampilan yang tersedia di Balai Latihan Kerja (BLK) yang dimiliki oleh lapas.

Beberapa program pelatihan keterampilan yang diminati adalah pelatihan membatik, tata boga, serta berbagai program pelatihan lainnya yang mendukung keterampilan WBP.

BACA JUGA:Tim PORA Kemenkumham Sumsel Bersinergi dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada 2024

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 73 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Lahat

Keterampilan yang diajarkan tidak hanya untuk mengisi waktu selama menjalani masa tahanan tetapi juga diharapkan dapat menjadi bekal yang berguna bagi WBP ketika kembali ke masyarakat nantinya.

Selain meninjau pelatihan, tim juga mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai hasil karya WBP di Lapas Perempuan Yogyakarta. Produk-produk hasil karya ini mendapatkan apresiasi dari rombongan Kanwil Kemenkumham Sumsel yang terkesan dengan kualitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: