Ketua STIK Lemdiklat Polri Resmi Jabat Sekjen Kemenkumham, Nico Afinta Siap Bawa Angin Perubahan

Ketua STIK Lemdiklat Polri Resmi Jabat Sekjen Kemenkumham, Nico Afinta Siap Bawa Angin Perubahan

Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta saat resmi dilantik oleh Menkumham Supratman Andi Agtas sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Selasa, 24 September 2024, di Graha Pengayoman. Nico menggantikan Andap Budhi Revianto dan diharapkan membawa perubahan --

JAKARTA, SUMEKS.CO - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, melantik Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam sebuah acara resmi yang digelar di Graha Pengayoman, Jakarta, Selasa 24 September 2024.

Pelantikan ini menandai tonggak penting dalam perjalanan karir Nico yang menggantikan Andap Budhi Revianto, yang telah menjabat posisi tersebut sejak tahun 2021.

Dalam sambutannya, Menkumham Supratman Andi Agtas menekankan betapa pentingnya peran Sekretaris Jenderal dalam struktur manajemen Kemenkumham.

Supratman berharap bahwa Nico dapat membawa perubahan positif dan melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai oleh Andap Budhi Revianto selama masa jabatannya.

BACA JUGA:Penyaluran Beras untuk ASN Palembang, Pj Wali Kota Desak Harga Realistis dari Bulog

BACA JUGA:Pelantikan Pejabat Kemenkumham, Jajaran Lapas Narkotika Muara Beliti Tegaskan Komitmen Sinergi dan Integritas

Posisi Sekretaris Jenderal dianggap sebagai "tulang punggung" dalam pengelolaan manajemen dan administrasi kementerian, yang bertanggung jawab untuk menjaga kelancaran berbagai program serta menjaga hubungan dengan masyarakat.

“Saya berharap sebagai Sekretaris Jenderal, Saudara bukan hanya sekadar pemimpin, tetapi juga sebagai penggerak perubahan,” ungkap Menkumham dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Supratman yang berasal dari Sulawesi ini menekankan bahwa tanggung jawab besar ini memerlukan pemimpin yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga mampu menjaga kepercayaan publik terhadap Kemenkumham.

Nico Afinta, kelahiran Surabaya pada 30 April 1971, adalah perwira tinggi bintang dua di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Sebelum dilantik sebagai Sekjen Kemenkumham, ia menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (STIK Lemdiklat Polri).

BACA JUGA:8 Paslon Ditolak, 1.553 Paslon Siap Berlaga di Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Calon Bupati Musi Banyuasin, Hj. Lucianty, Lakukan Kunjungan Bersejarah ke Graha Pena Sumatera Ekspres Grup

Nico juga dikenal karena pengalamannya yang luas dalam berbagai posisi strategis, di antaranya sebagai Kapolda Jawa Timur, Kapolda Kalimantan Selatan, dan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Ia juga pernah mengemban tugas sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya, yang semakin memperkuat rekam jejak profesionalnya dalam mengelola urusan sosial dan budaya di Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: