Pelatihan Pempekpreneurship, Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Palembang untuk Kemandirian Ekonomi

Pelatihan Pempekpreneurship, Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Palembang untuk Kemandirian Ekonomi

Program yang diberi nama Pelatihan Pempekpreneurship ini diinisiasi oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Indo Global Mandiri.--

SUMEKS.CO - Palembang, sebuah kota yang terkenal dengan kuliner khasnya, yaitu pempek, saat ini tidak hanya menjadi daya tarik wisata tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ibu rumah tangga berpenghasilan rendah, sebuah program pemberdayaan ekonomi berbasis pelatihan pembuatan pempek digelar di Kelurahan Ario Kemuning, Kecamatan Kemuning, Sumatera Selatan.

Program yang diberi nama Pelatihan Pempekpreneurship ini diinisiasi oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Indo Global Mandiri.

Tim PKM terdiri dari Dona Marcelina, S.Kom., M.Kom., Dr. Tertia Avini, S.Kom., M.Kom., dan Yosef Yulius, S.Sn., M.Sn dan 2 orang mahasiswa. Kegiatan ini didanai oleh Kemenristekdikti melalui Hibah Pemberdayaan Berbasis Masyarakat tahun 2024.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Serahkan Bantuan kepada UMKM Pempek Tanggo Rajo Cindo

BACA JUGA:Pesona Palembang Memukau Apeksi 2024: Jembatan Ampera dan Pempek Jadi Magnet

Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 Agustus 2024 di rumah salah satu warga setempat, Ibu Mardiana, dengan melibatkan 25 peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga dengan pendapatan di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

Pelatihan ini bertujuan untuk mempercepat kemandirian ekonomi perempuan melalui pengembangan keterampilan pembuatan pempek dan kewirausahaan.


Pelatihan Pempekpreneurship ini diinisiasi oleh tim PKM Universitas Indo Global Mandiri.--

Sasaran utama pelatihan adalah ibu rumah tangga yang memiliki keterbatasan akses pekerjaan dan keterampilan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang mudah didapatkan, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan cara membuat berbagai jenis pempek, tetapi juga bagaimana menjalankan usaha dari rumah, mulai dari produksi hingga pemasaran.

"Kami berharap ibu-ibu rumah tangga di sini bisa memanfaatkan keterampilan yang mereka pelajari untuk memulai usaha kecil sendiri dan membantu perekonomian keluarga," ujar Dona Marcelina, Ketua Tim PKM.

BACA JUGA:Resep Pempek Kulit Crispy Anti Alot, Jadi Sajian Lezat Saat Lebaran

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Pempek Pistel, Bunda Bisa Coba Di Rumah

Pelatihan dimulai dengan sesi teori dan praktik pembuatan pempek, termasuk teknik pengemasan dan simulasi usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: