3 Hari Karhutla di Pangkalan Lampam OKI, Petugas Masih Lakukan Pendinginan

3 Hari Karhutla di Pangkalan Lampam OKI, Petugas Masih Lakukan Pendinginan

Karhutla di Perigi Pangkalan Lampam OKI 3 hari terbakar, hari ini petugas lakukan pendinginan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Sebelum lokasi Desa Perigi Talang Nangka ini terjadi karhutla, awalnya adalah Desa Rambai. Dimana lokasi Desa Perigi ini berdekatan dengan Desa Rambai. 

"Alhamdulillah hari sudah padam dan dilakukan pendinginan. Semoga tidak meluas lagi dan benar-benar padam," tukasnya. 

BACA JUGA:Gelar Aksi Teatrikal Dampak Karhutla, Masyarakat Sumsel Gugat Korporasi ke Pengadilan

BACA JUGA:Pemadaman Karhutla di Sungai Menang OKI Milik Perusahaan Dibantu 4 Helikopter

Diberitakan sebelumnya, karhutla juga terjadi di Desa Ramabi, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Yakni telah terjadi 4 hari akhirnya berhasil dipadamkan. Dimana karhutla di Desa Rambai ini mulai terjadi pada Selasa 20 Agustus 2024 kemarin, dengan luasan awal yang terbakar 3 hektar. Lahan yang terbakar adalah milik masyarakat. 

"Iya, alhamdulillah hari ini karhutla di Desa Rambai sudah padam. Dan hari ini sampai dilakukan pendinginan. Jadi dipadamkan selesai 4 hari," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin melalui Plt Sekretaris, Nova Triyussanto. 

Dijelaskan Nova, dari awal kebakaran pemadaman langsung dilakukan oleh personel gabungan. Yaitu personel Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, masyarakat peduli api, regu pemadam kebakaran (RPK) dan lainnya. 

BACA JUGA:Karhutla di OKI Terjadi di 3 Lokasi, Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

BACA JUGA:Mopping Up Sisa Bara Api di Lokasi Karhutla Tanjung Sari II OKI Selesai

"Pemadaman oleh personel gabungan akhirnya bisa padam hari ini, dimana total lahan yang dipadamkan 5 hektar," jelasnya, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 24 Agustus 2024.

Diungkapkan Nova, dalam hal pemadaman untuk sumber air berasal dari kanal-kanal terdekat. Dimana lahan yang terbakar memang lahan gambut sehingga sulit dipadamkan. 

Jadi selama 4 hari baru bisa padam. Dimana apabila lahan gambut sudah terbakar akan sulit dipadamkan dan terus menjalar. Termasuk di lokasi karhutla adanya sejumlah vegetasi berupa gelam belidang.

"Jadi dalam pemadaman kendalanya relatif sama kalau lahan gambut yaitu sulit dipadamkan karena api masih ada di bagian dalam gambut," beber Nova. 

BACA JUGA:Terbakar Selama 4 Hari, Karhutla di Desa Rambai Pangkalan Lampam OKI Berhasil Dipadamkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: