Sekda Sumsel Edward Candra Ajak Semua Stakeholder Lakukan Penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan

Sekda Sumsel Edward Candra Ajak Semua Stakeholder Lakukan Penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan

Sekda Sumsel, Edward Chandra mewakili Pj Gubernur Sumsel buka Focus Group Discussion (FGD) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan--

“Sepanjang bulan Agustus 2024 ini, tercatat ada 1.721 titik hotspots terjadi di Sumatera Selatan.  Bulan Juli dan Agustus 2024 merupakan puncak musim kemarau,” tambahnya.

Oleh karenanya, dia berharap semua satgas karhutla tetap bersinergi dalam menangani karhutla, dengan  harapan di tahun 2024 jumlah kasus kebakaran lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya.

"Titik hotspots di bulan Juli sebanyak 530 hotspot  dan 751 titik lagi hotspots di bulan Agustus.  Sedangkan luasan lahan terbakar di bulan Juli 2024 sebanyak 1501,57 hektar. 884,45 hektar diantaranya terjadi di lahan mineral dan 617,12 hektar lagi terjadi di lahan gambut," imbuhnya.

BACA JUGA:Drivel Ojol Demo Besar Hari Ini, Potongan Aplikasi ‘Mencekik’ Bisa Sampai 30 Persen

BACA JUGA: Kejati Periksa Lurah Duku Kasus Korupsi Jual Aset Yayasan Batanghari Sembilan di Mayor Ruslan Palembang

Sekda berharap melalui FGD yang digelar   dapat merumuskan dan berperan aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan terutama mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan tindakan membakar hutan dan lahan.

"Kami juga meminta dukungan dan bantuan baik dari masyarakat maupun dunia usaha agar kiranya dapat membantu dalam kegiatan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan," tandasnya.

"Juga Aparatur Penegak Hukum tetap bekerja sesuai aturan, tindak tegas pembakar lahan, baik masyarakat maupun korporasi/perusahaan, sehingga ada efek jera bagi pembakar lahan, bila perlu diumumkan di khalayak publik khususnya bagi korporasi/perusahaan yang lahan konsesinya terjadi kebakaran," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: